Berita Umum

Puskesmas Samkai Bagikan 1000 Kelambu

Puskesmas Samkai Bagikan 1000 Kelambu

Sejak awal 2018, Puskesmas Samkai, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua mulai membagikan kelambu kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Jumlahnya sebanyak 1.000 helai, dan merupakan pemberian Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

“Tujuannya untuk mencegah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Kami harap, segala penyakit yang ditimbulkan nyamuk bisa ditekan,” kata Kepala Puskesmas Samkai, dr. Roike D. Djou, KaMis (01/02).

Menurutnya, penyakit yang disebarkan nyamuk adalah malaria, demam berdarah, kaki gajah atau filariasis. Kelambu dianggap efektif, karena tidak semua masyarakat suka menggunakan anti nyamuk atau lotion anti nyamuk.

Katanya, kelambu paling umum digunakan masyarakat, dan dibagikan secara gratis. Secara bertahap pembagian dilakukan merata.

“Ini adalah program pemerintah pro masyarakat. Semua obat-obatan dan kelengkapan kesehatan ditanggung pemerintah, tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Ia mengatakan, faktor kesehatan akan mempengaruhi seluruh sisi kehidupan masyarakat. Untuk memudahkan dan tidak memberatkan masyarakat, semua pelayanan Puskesmas Samkai gratis.

“Kami melayani dengan hati, bukan mencari keuntungan. Siapapun yang datang berobat ke Puskesmas Samkai. tidak dipungut biaya, baik yang memilik kartu kesehatan atau tidak memiliki,” ucapnya.