Berita Utama

BPBD Merauke Lakukan Pawai Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merauke, Papua melakukan pawai keliling Kota Merauke dan sekitarnya dalam rangka hari kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Kamis (26/4). Pawai dimaksud adalah bentuk penyampaian BPBD Merauke siap menangani apabila sewaktu-waktu terjadi bencana di daerah.

“Hari ini serentak di seluruh Indoneia BPBD melakukan pawai kesiapsiagaan penanggulangan bencana,” jelas Kepala BPBD Merauke, Sonny Betaubun usai pawai. Selain saran dan prasarana yang memadai, BPBD Merauke mempersiapkan SDM para personil dengan mengikuti pelatihan bersertifikat.

Dalam pelatihan SDM diutamakan ketrampilan dan strategi untuk menghadapi bencana. Merauke memiliki 3 bencana yang sering terjadi yakni banjir, Kemarau panjang (kekeringan) dan Kebakaran. “Untuk itu, seluruh kendaraan maupun SDM kita harus kita persiapkan dalam memaksimalkan penanganan bencana.”

Pesannya, warga sendiri yang harus menjaga dan menghindari berbagai kegiatan yang mengakibatkan kebakaran dan banjir serta peristiwa abrasi. “Ulah masyarakat sehingga terjadinya abrasi besar-besaran di Merauke ini pada wilayah pesisir pantai. Mungkin sanksi yang diberikan perlu diperhatikan untuk lebih pertegas. Kalau tidak pelanggaraan secara sengaja tetap dilakukan,” tandasnya.