Berita Utama

Freddy Tawarkan 8 Paket Peningkatan Ekonomi Merauke

Bupati Merauke, Papua Frederikus Gebze mengatakan, dalam sisa waktu kepemimpinannya, akan menawarkan 8 paket peningkatan ekonomi untuk Kabupaten Merauke.
 
"8 paket ekonomi ini akan kita tawarkan selanjutnya untuk meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat," jelas Frederiku Gebze, Senin (30/4) di ruang kerjanya.
 
Disebutkan 8 paket ekonomi adalah berupaya menurunkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), kemudahan pajak, ijin, regulasi, dan kemudahan untuk mendapatkan kredit atau pinjaman di bank.
 
Kedua, merangsang investor bekerjasama dengan balai latihan kerja untuk menyerap tenaga kerja agar tidak menggantungkan harapan pada ASN dan tenaga honor.
 
Ketiga, menjadikan Merauke sebaga tempat pelelangan ikan dan perikanan pelabuhan. Mengelola tambang baru menjadi sumber perikanan bagi Kabupaten Merauke.
 
Mendata semua badan, kantor, dinas, lembaga dan rumah-rumah untuk melengkapi sertifikat tanah, pelepasan hal ulayat dan kelengkapan dokumen lainnya.
 
"Selanjutnya Pemda akan berkomunikasi dengan Lembaga Masyarakat Adat (LMA) untuk mencarikan solusi. Setengah bagian biaya kepengurusan itu disubsidi oleh pemda," tambah Freddy.
 
Dengan begitu, akan tercipta rasa aman dan nyaman bagi semua pihak, tidak diganggu dengan urusan hal ulayat, tanah dan dokumennya, tambahnya.
 
Katanya, untuk melancarkan roda pembangunan, pembangunan infrastruktur jalan di daerah harus diprioritaskan. Sebab potensi darat, air dan pertanian serta potensi pariwisata yang menjanjikan dapat dikelola dengan baik didukung infrastruktur jalan yang memadai.
 
Menurutnya persoalan yang paling dirasakan yaitu di sektor pertanian atau tambang hijau dan tambang biru atau bagian perikanan. Pemda Merauke tidak punya penggilingan, gudang penampung sehingga kesulitan dalam pengontrolan dan mengatur beras yang keluar atau masuk ke Merauke.
 
Setengah bagian dari semua paket yang disebutkan diatas, lanjut Freddy adalah kerja sama dan peran dari media masa sebagai salah satu kekuatan pendukung pembangunan di Kabupaten Merauke.
 
"Setengah bagian dari paket kebijakan kami, media ada didalam. Kita berkomitmen, bekerjasama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat."
 
Dari 8 paket yang disiapkan itu, 6 bagian akan segera eksis setelah rapat bersama tim terpadu pembangunan ekonomi yang rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat. 2 paket lainnya akan dijalankan di tahun 2019, tandasnya.