Berita Utama

3 Kabupaten SP Termasuk Penerima Penghargaan UHC dari Presiden

Presiden RI Jokowi memberikan penghargaan kepada 92 Kabupaten/Kota dan 4 Provinsi  seluruh Indonesia yang berhasil mencapai Universal Helath Coverage (UHC) di wilayah kerjanya. Kabupaten Merauke salah satunya, diikuti Kabupaten  Mappi dan Boven Digoel dari wilayah Selatan Papua menerima penghargaan secara simbolis di Istana Negara Rabu (23/5).
Berdasarkan standar WHO 95 persen penduduk di suatu daerah sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu indonesia Sehat (JKN-KIS)  maka sudah menjadi UHC. “Penghargaan ini sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah yang mempelopori UHC. Sedangkan program ini ditargetkan sampe 1 Januari 2019 tapi sudah ada daerah yang telah mencapai predikat UHC,” jelas Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Erfan Chandra Nugraha, Jumat (25/5).
Kesempatan itu, Presiden tekankan terkait instruksi presiden nomor 8 tahun 2017, paling lama 1 januari 2019 semua penduduk sudah terdaftar jadi peserta JKN-KIS. Presiden berpesan kepada pemda untuk lebih mengambil langkah, terkait hal-hal strategis seperti menerbitkan regulasi baik berupa peraturan bupati atau peraturan yang mendukung tentang kepesertaan JKN di daerahnya.
Selanjutnya, menjamin akses sarana dan prasarana yang harus ditingkatkan dan badan usaha wajib mendaftarkan seluruh pekerja yang menjadi jaminan kesehatan nasional.
Lebih lanjut ia menyampaikan, khusus kabupaten Asmat yang sementara ini belum masuk dalam UHC, pihak BPJS telah melakukan pertemuan dengan Organisasi Pemerintah daerah (OPD) supaya segera mengalokasikan anggaran dalam program jaminan kesehatan daerah.