Berita Utama

Diskominfo Merauke Selenggarakan Workshop e-Government di Distrik Merauke

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke, Papua menyelenggarakan kegiatan Workshop e-Government sistem informasi desa/kampung (SID) di Distrik Merauke, Senin (16/07).
 
"Tujuan penerapan e-Government adalah untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, dimana layanan pemerintah bersifat transparan, akuntabel dan bebas korupsi," demikian Ketua Panitia Pelaksana, Robeca Iwong,S.Sos, M.Si dalam laporan panitia di SwissBel-Hotel Merauke.
 
Disebutkan, materi workshop e-Government terdiri dari e-Government, e-Office, sitem informasi kampung, web kampung, sosial media penunjang kinerja e-Government, sistem operasi komputer, instalasi SID, manajemen website SID, layanan surat administrasi masyrakat, freehotspot dan internet sehat.
 
Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 2 Salestinus Kahol menyampaikan manfaat dari  e-Government adalah memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholdernya yakni masyarakat, kalangan bisnis dan industri terutama dalam hal kinerja, efektifitas dan efisiensi di berbagai bidang.
 
Manfaat selanjutnya, meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah dalam rangka penerapan konsep good coorporate governance. Dan mengurangi secara signifikan total biaya administrasi relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder.
 
"Hal ini sejalan dengan salah satu misi Kabupaten Merauke dengan melihat kondisi geografis, maka salah satu aspek aksesibilitas yang diprioritaskan adalah jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," ucap Asisten 2.
 
Konsep e-Government, lanjut dia, merupakan perpaduan antara layanan pemerintah, pembangunan dan pemanfaatan teknologi di lingkungan pemerintah guna menuju terwujudnya tata laksana pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government).