Berita Utama

29 Warga Lani Jaya Diberangkatkan Kembali ke Tempat Asalnya

Sebanyak 29 warga Kabupaten Lani Jaya, Papua diberangkatkan kembali ke tempat asalnya, Jumat (20/07). Pemulangan tersebut difasilitasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke bekerjasama denga Lanud Merauke dengan menggunakan pesawat Hercules A-1312 dari Bandara Mopah Merauke menuju Bandara Wamena.
 
Sebelumnya, rombongan tiba di Merauke pada Kamis (19/07) menggunakan kapal putih dari Kabupaten Asmat. Mereka dikabarkan meninggalkan tempat tinggal mereka di daerah Nduga karena kondisi kemanan di Nduga tidak kondusif sehingga mencari perlindungan keluar.
 
"Hari ini kita melalukan misi kemanusiaan, kerjasama dengan Pemkab Merauke, kita berangkatkan 29 warga Nduga kembali tempat asalnya," jelas Danlanud Merauke, Kolonel PNB Awang Kurniawan di Bandara Mopah.
 
Sebelum diberangkatkan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan barang bawaan oleh petugas. Hasilnya, semua baik dan sehat serta tidak ditemukan barang terlarang.
 
Pemda Merauke, melalui Sekda Drs Daniel Pauta membantu mengurus semua dokumen 29 orang tersebut, untuk mempermudah keberangkatan mereka langsung ke Wamena ketimbang harus lewat Jayapura dan harus menggunakan pesawat komersial.