Berita Umum

Akhir September LMA Gelar Raker

Lembaga Masyarakat Adat (LMA ) Anim Ha Kabupaten Merauke, Papua akan menggelar rapat kerja (raker), akhir September ini di Merauke.

Ketua LMA Kabupaten Merauke, Papua Frederikus Wanim Mahuze mengatakan, dalam raker tersebut akan dibahas program kerja LMA, baik jangka menengah maupun jangka panjang.

“Untuk program jangka menengah, kami akan adakan Raker LMA di akhir September 2017. Dilanjutkan sosialisasi LMA ke-21 Distrik pada Februari-Juni 2018,” katanya, Selasa (12/9).

Selain itu akan ada pemetaan wilayah adat, penguasaan sekretariat dan pengadaan alat tulis Kantor LMA.

Program kerja jangka panjang yang akan difokuskan diantaranya bidang pariwisata, pertambangan rakyat, ekonomi masyarakat, pendidikan dan kesehatan, pembangunan fisik (infrastruktur), sosial dan budaya, politik, HAM, kemanan dan pengadaan rumah layak huni untuk masyarakat adat.

“Dari program ini, LMA Merauke membutuhkan dukungan dan kerjasama dari Pemkab Merauke, pihak kepolisian, semua instansi dan stakeholder serta masyarakat setempat.”

Pemetaan wilayah adat lanjut dia, bertujuan mengatasi masalah hak ulayat yang menimbulkan konflik antar masyarakat adat akhir-akhir ini.