Berita Umum

Uskup Agung Merauke : Arti Narkoba Harus Dipahami Masyarakat

Uskup Agung Merauke, Mgr. Nicholas Adi Saputra, MSC menyatakan, dalam mengatasi masalah narkoba di semua daerah, polri dan pihak yang bertekad memberantas narkoba, perlu memahami dengan baik apa itu narkoba.

Ia mengatakan, perlu ada penjelasan yang benar dan tetap, tentang pengertian narkoba, penjelasan seperti apa jenisnya, disertai foto.

“Hal ini akan membuat orang betul-betul paham dan tahu bahwa benda-benda sejenis itu adalah narkoba,” katanya, Kamis (14/9).

Menurutnya, perlu disampaikan, baik melalui pertemuan atau siaran televisi lokal dan radio, akibat langsung ketika orang menggunakan narkoba, dan memberikan contoh secara detail.

Namun hal yang perlu diwaspadai, bagaimana barang haram itu masuk ke Merauke, supaya siapa saja tidak dimanfaatkan untuk menyelundupkan narkoba.

“Orang tua, guru dan semua pihak harus lebih waspada akan banyaknya bentuk narkoba dan bahayanya,” ujarnya.

Selain itu lanjut uskup, sanksi yang diterima oknum pemakai, pengedar dan bandar narkoba, harus tegas dan memberikan efek jera.

“Semua warga wajib melawan narkoba, bukan hanya kepolisian. Namun pihak yang seharusnya mengamankan Merauke dan melindungi masyarakat melawan barang berbahaya itu,” katanya.