Berita Utama

1.711 Orang Anggota Kodam XVII Cenderawasih Terima Kenaikan Pangkat

 
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit, memimpin upacara laporan korps kenaikan pangkat 1.711 orang anggota Kodam XVII/Cenderawasih periode 1 Oktober 2018 di Aula Kodim 1707 Merauke, Senin (01/10).
 
Ia menyebutkan, dari jumlah tersebut diatas, Pamen sebanyak 57 orang, Pama 73 orang, Bintara 492 orang, Tamtama 1.149 orang dan Pegawai Negeri Sipil 65 orang. Sementara khusus untuk para Perwira, melaksanakan laporan korps kenaikan pangkat, sebanyak 60 orang, yaitu ke Kolonel sebanyak 12  orang, ke Letkol sebanyak 15 orang, ke Mayor sebanyak 24 orang, ke Kapten sebanyak 6 orang dan ke Lettu sebanyak 3 orang.
 
"Dalam sistem pembinaan karier prajurit telah diatur dan ditetapkan kriteria yang ketat untuk dipromosikan. Diantaranya harus mampu menunjukkan moralitas, prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya maupun dalam kehidupan sehari-hari," jelas Pangdam XVII Cenderawasih dalam sambutannya.
 
Lanjut dia, apabila kriteria tersebut diatas dapat dipenuhi, maka dalam masa dinas tertentu prajurit patut mendapat kepercayaan dan kehormatan kenaikan pangkat atau menduduki jabatan yang lebih tinggi. Ia mengingatkan, bahwa kenaikan pangkat dan jabatan bukanlah suatu hak yang harus diberikan, namun merupakan penghargaan dari negara atas prestasi, dedikasi dan loyalitas pengabdian yang telah ditunjukkan. 
 
"Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada para perwira yang telah diberi kehormatan kenaikan pangkat agar senantiasa mempersembahkan karya terbaik bagi kemajuan TNI Angkatan Darat, bangsa dan negara serta tumbuhkan dalam diri daya inovatif, kreatif dan daya tanggap yang dinamis sesuai aturan yang berlaku," pintanya.
 
Pangdam menegaskan, semakin tinggi pangkat seseorang, semakin tinggi pula tuntutan integritas dan kualitas para perwira, agar terus meningkatkan pengetahuan, wawasan, ke-terampilan dan kemampuan manajerial yang baik. 
 
Kembali ia mengajak para peserta lebih tingkatkan kualitas manajerial dan kepemimpinan secara profesional dan proporsional, dalam mengemban setiap tugas dan tanggung jawab jabatan. Selanjutnya, kembangkan pemikiran, sikap dan perilaku sebagai prajurit sejati, yang tidak mudah menyerah dan tidak mengenal pamrih, demi kepentingan bangsa dan negaranya.