Berita Utama

Situasi di Kabupaten Oksibil Mulai Kondusif

Situasi Kabupaten Oksibil, Papua yang sebelumnya sempat memanas akibat saling serang antara warga pada hari Selasa (02/10) lalu, saat ini sudah mulai kondusif.
 
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol.Drs.A.M.Kamal,SH menjelaskan, pada tanggal tersebut diatas terjadi aksi saling serang antar kedua kubuh warga yang pro dan kontra terkait kinerja pemerintah daerah Oksibil saat ini.
 
"Situasi disana sudah kondusif. Kapolda Papua dan pejabat utama lainnya masih berada di daerah Oksibil dalam rangka penyelesaian masalah tersebut," jelas Kabid Humas Polda Papua di Merauke saat bersilahturahmi dengan pers Merauke, Rabu (03/10).
 
Peristiwa tersebut, lanjut Kabid Humas, lima rumah dan lima ruko dibakar masa, dua anggota Polisi terkena panah di bagian paha dan mata dan korban lainnya dari warga masyarakat. Terhadap anggota terkena panah di mata sudah dievakuasi ke Jayapura bersama tiga masyarakat yang jadi korban.
 
"Masalah ini sedang diselidiki, untuk proses penegakan hukumnya akan berjalan. Tim sudah disana untuk mengusut kejadian awal hingga terjadi insiden tersebut," tambahnya.
 
Sementara belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka dan di wilayah itu masih posisi siaga satu hingga kondisinya benar-benar aman. Kata Kabid Humas, proses yang sedang dijalankan adalah memberikan penguatan kepada semua pihak, baik kepada masyarakat maupun kepada Pemda setempat.