Bupati Merauke Sampaikan Empat Poin Himbauan Kepada Mahasiswa Papua

Berita » Detail

Berita Utama
11 Sep 2019 09:02
Bupati Merauke Sampaikan Empat Poin Himbauan Kepada Mahasiswa Papua
Mencermati perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi sehubungan dengan permasalahan rasisme kepada Mahasiswa Papua di Surabaya, Malang, dan Semarang beberapa waktu lalu, dan memicu terjadinya gelombang demonstrasi diikuti tindakan anarkisme di Papua dan Papua Barat, Bupati Merauke, Frederikus Gebze sampaikan empat himbauan bagi mahasiswa asal Kabupaten Merauke.
 
Pertama, seluruh mahasiswa asal Kabupaten Merauke untuk tidak terprovokasi terhadap isu eksodus mahasiswa dari seluruh Jawa, Bali, Makasar dan Manado dengan tetap melanjutkan perkuliahan ditempat semula sebagaimana biasanya sampai dengan selesai.
 
Kedua, tidak ada sistem pendidikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa yang pulang ke Papua dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi di Papua, akibatnya dapat mengganggu perkuliahan selanjutnya.
 
Ketiga, Pemerintah Kabupaten Merauke tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa yang pulang ke Papua maupun kembali ketempat semula sehubungan dengan permasalahn dimaksud, dan keempat, Pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan saudara ditempat masing-masing.
 
"Apabila ada hal-hal yang mengintimidasi Saudara dalam proses perkuliahan selanjutnya maupun aktivitas lainnya sebagaimana biasanya, agar supaya segera melaporkannya kepada kami serta kepada pihak berwajib setempat," jelas Bupati Merauke, Selasa (10/09/2019) kepada wartawan.
 
Dikatakan, saat ini pemerintah sudah melakukan upaya untuk menjamin kemananan di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, para mahasiswa tidak perlu takut, tetap menjaga sikap yang baik dan menjalani pendidikan seperti biasa.
 
"Kalian kuliah dengan biaya yang ditanggung pemerintah melalui beasiswa, jangan pulang dan bebankan orangtua di Papua," tambah Freddy.
 
Diharapkan mahasiswa Papua terutama asal Merauke mempunyai pola pikir dan cara pandang yang baik. Yang penting adalah menyelesaikan kuliahnya untuk menunjang kehidupan kedepan, tandasnya.(geet)

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda