74 Tahun, TNI AL Menunjukkan Jati Diri  Pertahanan yang Tangguh

Berita » Detail

Berita Utama
11 Sep 2019 09:08
74 Tahun, TNI AL Menunjukkan Jati Diri  Pertahanan yang Tangguh
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Lukman, ST.Msi (Han) memimpin upacara Peringatan HUT ke-74 TNI AL Tahun 2019 di Lapangan Markas Komando (Mako) Lantamal XI Merauke, Selasa (10/09/2019).
 
Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M. pada upacara Peringatan HUT ke-74 TNI AL yang dibaca Danlantamal XI mengatakan, selama 74 tahun, TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen Pertahanan Negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis. 
 
"Ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus dan tindakan mitigasi yang tepat. Selama Ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas," ucap Danlantamal XI Merauke.
 
Dikatakan, sesuai amanat Undang-Undang pasal 9 nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, telah diatur lima tugas Angkatan Laut, yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim, dan pembinaan wilayah pertahanan laut yang harus dilaksanakan dengan baik.
 
Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diembankan kepada TNI Angkatan Laut. 
 
Secara khusus bagi anggota AL Merauke akan lebih dikembangkan di bidang SDM untuk lebih meningkatkan profesional dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab, baik di lingkungan AL Merauke sendiri maupun dalam mendukung tugas nasional.
 
Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 TNI AL, acara dilanjutkan dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trikora Merauke dan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Balai Prajurit (Bapra) Markas Komando Lantamal XI. Selanjutnya akan ada lima kearifan lokal seperti panah tradisional dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang akan digelar.(geet)
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda