Peringati Hari Perhubungan Nasional 2019 Jadi Evaluasi Peningkatan Pelayanan

Berita » Detail

Berita Utama
18 Sep 2019 07:56
Peringati Hari Perhubungan Nasional 2019 Jadi Evaluasi Peningkatan Pelayanan
Tepat pada Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019, khusus Bandar Udara Mopah Merauke, ada beberapa poin yang menjadi perhatian serius, terutama meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan.
 
Selain itu, meningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna transportasi udara dan melengkapi maupun perbaiki peralatan bandara.
Selanjutnya, sebelum bandara kelas satu diresmikan menjadi bandara internasional,  terlebih dahulu harus mengkantongi sertifikasi operasional terminal dari Direktorat Bandar Udara.
 
"Jadi sebelum bandara internasional diresmikan, kita harus punya sertifikasi yang dikeluarkan oleh Direktorat Bandar Udara," jelas Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Merauke, Agus Irianto kepada wartawan usai upacara peringati hari Perhubungan Nasional di Halaman Kantor Otoritas Bandara Wilayah X, Selasa (17/09).
 
Menurutnya, saat ini dari segi kemanan di Bandara Mopah masih  ada kekurangan. Pagar masih belum selesai dikerjakan, sehingga masih ada lalu lintas orang dan hewan di kawasan runway. Keadaan ini menyebabkan terjadinya pencurian dan pengerusakan fasilitas pendukung keamanan dan keselamatan penerbangan.
 
Guna menekan persoalan diatas, petugas lebih tingkatkan pengamanan melalui patroli gabungan setiap hari siang dan malam guna menjaga keutuhan fasilitas yang ada.
 
Meski demikian, lanjut Kabandara, arus lalu lintas penerbangan masih berjalan normal, aman dan lancar. Saat ini maskapai yang melayani penerbangan ke Merauke di antaranya, Batik Air, Lion Air, Garuda dan Trigana Air serta penerbangan perintis daerah pedalaman dengan menggunakan pesawat kecil.
 
Kesempatan yang sama Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah X, Usman Effendy menyebutkan,  Otban Wilayah X mempunyai wilayah kerja di 35 UPBU, 5 Satuan Pelayanan (Satpel) Bandara dan 164 lapangan terbang (Lapter) perintis. 
 
"Dari 35 UPBU itu sudah terdapat fasilitas yang cukup memadai, sedangkan Lapter sendiri masih seadanya saja. Diamping itu, pada UPBU, masih kekurangan jumlah SDM yang perlu ditingkatkan lagi," tandasnya.(geet)

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda