Ratusan Pengungsi Dari Wamena Diterima Pemda Merauke

Berita » Detail

Berita Utama
02 Oct 2019 06:54
Ratusan Pengungsi Dari Wamena Diterima Pemda Merauke
Sekda Merauke, Drs. Daniel Pauta mewakili Pemerintah Daerah Merauke menerima 199 warga pengungsian dari daerah Wamena, Selasa (01/10/2019) di Bandara Mopah Merauke. 
 
199 pengungsi diterbangkan dari Wamena menggunakan pesawat Herkules milik TNI AU Merauke sebab di daerah Wamena belum cukup kondusif pasca aksi demo yang mengorbankan nyawa dan harta benda.
 
"Kami selaku pemerintah melalui Dinas Sosial siap membantu dan akan kita tampung di Gedung Olahraga Hiad Sai," kata Sekda kepada wartawan.
 
Sementara itu, Danlanud JAD Merauke Kolonel Pnb Deni Hasoloan Simanjuntak menyebutkan, pihaknya sudah melakukan pengangkutan sebanyak satu kali untuk ke Merauke dengan yang terdiri dari dewasa 165 orang dan anak-anak 34 orang. Dari jumlah di atas, dua orang dalam keadaan sakit dan hamil satu orang langsung diantarkan ke rumah sakit.
 
"Sementara baru satu kali pengangkutan, namun informasi yang kami terima bahwa sekitar 450 pengungsi yang akan ke Merauke," katanya.
 
Selanjutnya, para pengungsi diangkut menuju GOR untuk beristirahat sementara. Selain itu, ada juga pengungsi yang memiliki keluarga di Merauke diarahkan melapor sebelum meninggalkan penampungan pengungsian di GOR.
 
Salah seorang pengungsi, Ali Rahalyaan mengatakan jalan satu-satunya adalah keluar dari Wamena untuk menjamin kemanan. Ditanya soal situasi disana, ia mengatakan cukup kondusif. 
 
"Namun kita melihat semua pada mengungsi, ya kita ikut mengungsi, supaya aman," tandasnya.
 
Lanjut Ali, jika masih memungkinkan dan kondisi sudah sangat aman, para pengungsi akan kembali ke Wamena karena rata-rata punya pekerjaan di sana.(geet0

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda