Menunjang Kerjasama Ekonomi Daerah, Pelaku Usaha Ikuti Sosialisasi

Berita » Detail

Berita Utama
03 Oct 2019 08:14
Menunjang Kerjasama Ekonomi Daerah, Pelaku Usaha Ikuti Sosialisasi
Sekretariat Daerah Kabupaten Merauke Bagian Perekonomian selenggarakan sosialisasi pengelolaan ekonomi kreatif guna menunjang  pelaksanaan kerjasama ekonomi daerah di Kabupaten Merauke.
 
Kabag Perekonomian Daerah M.Imam Santoso mengatakan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan SDM dalam pengelolaan ekonomi kreatif guna menunjang kerjasama daerah di Kabupaten Merauke. Selain itu, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ekonomi kreatif di Kabupaten Merauke.
 
"Ekonomi kreatif adalah penciptaan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (orang kreatif) dan berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi. Industri kreatif adalah industri menghasilkan output dari pemanfaatan kreativitas, keahlian, dan bakat individu untuk menciptakan nilai tambah, lapangan kerja, dan peningkatan kualitas hidup," jelasnya dalam laporan panitia di Hotel Megaria (02/10/2019).
 
Arah pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia sesuai RPJN 2015-2019, memantapkan pengembangan ekonomi kreatif dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif berlandaskan keunggulan sumber daya alam, budaya, dan sumber daya manusia berkualitas dan kreatif dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperkuat kelembagaan untuk menciptakan iklim usaha kondusif bagi pengembangan industri kreatif lokal.
 
Dikatakan, hambatan Ekonomi Kreatif Indonesia,
1. Kuantitas dan kualitas sumber daya insani yang membutuhkan perbaikan dan pengembangan
2. Kurangnya penghargaan atau apresiasi terhadap insan kreatif Indonesia
3. Masih lemahnya dukungan pembiayaan konvensional
4. Belum adanya sinergi antara pelaku ekonomi kreatif dengan dunia usaha
5. Masih terbatasnya akses masyarakat terhadap informasi dan pasar dalam pengembangan industri
6. Kebijakan di tingkat pusat dan daerah yang kurang sinkron
7. Kurangnya perlindungan hak intelektual
8. Infrastruktur teknologi informasi yang belum kompetitif.
 
Sementara Asisten II Sekda Kabupaten Merauke, Sunarjo, S.Sos mengatakan, para pelaku usaha ekonomi kreatif harus bisa berinovasi menciptakan brand yang mempunyai nilai jual. Sehingga pemasaran bisa menarik pembeli sampai keluar daerah.
 
"Kita harus bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dan punya nilai jual. Oleh karena itu, hasil dari pelatihan ini harus ada manfaatnya, ada kemajuan bukan sekedar kegiatan biasa," ucapnya kepada peserta yang berasal dari instansi terkait, kelurahan, rumah kreatif bersama telkom dan UKM (usaha kecil menengah).(geet)
 
 
 
 

 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda