Peringati HUT Ke-74, Lantamal XI Merauke Tanam 5800 Pohon Mangrove

Berita » Detail

Berita Utama
09 Oct 2019 07:48
Peringati HUT Ke-74, Lantamal XI Merauke Tanam 5800 Pohon Mangrove
Memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT) TNI Ke-74, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke menggelar penanaman serentak 5800 pohon mangrove di pesisir Pantai Urumb, Distrik Semangga Merauke.
 
Tujuan penanaman pohon mangrove merupakan aksi serentak di seluruh Indonesia dengan menanam sebanyak 300.074 ribu pohon mangrove guna menjaga ekosistem pohon mangrove sekaligus pemecahan rekor Muri dengan tema 'Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita.'
 
"Pelaksanaan penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan TNI dalam hal ini Lantamal XI, merupakan wujud bakti sosial oleh TNI. Juga untuk memperkokoh rasa kebersaman, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial masyarakat pesisir Pantai Urumb Distrik Semangga sebagai sarana  mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat di Wilayah Kabupaten Merauke," jelas Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Jatmiko Hariyono, M.M, membacakan sambutan tertulis Danlantamal XI Merauke, Brigadir Jendral TNI (Mar) Lukman, S,T., M.Si (Han), Senin (07/10/2019).
 
Dikatakan, kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana alam, agar wilayah pantai terhindar dari ancaman dan kerentanan abrasi maupun erosi pantai dengan mengupayakan pemulihan dan pendayagunaan potensi hutan mangrove agar menjadi ekosistem yang kaya dan menjadi salah satu sumber daya yang produktif. 
 
Selain itu, kondisi hutan mangrove yang terjaga dapat menjadi obyek wisata yang pada akhirnya mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat di sekitar Pantai Urumb Distrik Semangga Merauke.
 
"Manfaat dari hutan mangrove adalah melindungi pantai dari abrasi, sebagai tempat mencari makan dan berlindung bagi organisme laut maupun darat. Bagi manusia adalah sebagai bahan baku untuk bahan bakar, sebagai bahan makanan alternatif, dan kebutuhan lainnya."
 
Selain penanaman pohon, dalam kegiatan tersebut ada pemberian alat bantu guna menunjang penanaman mangrove dan sembako untuk masyarakat sekitar Pantai Urumb.(geet)
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda