Di Merauke, Tenaga Kesehatan Teladan Diberikan Penghargaan

Berita » Detail

Berita Utama
13 Nov 2019 01:50
Di Merauke, Tenaga Kesehatan Teladan Diberikan Penghargaan
Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-55  tahun 2019, khusus di Kabupaten Merauke, Dinas Kesehatan memberikan penghargaan kepada tenaga medis berupa tanda kehormatan satya lencana karya satya 30 tahun, dokter teladan, bidan teladan, perawat teladan, anais teladan, apoteker teladan, tenaga gizi, dan tenaga kesehatan lainnya, serta penyerahan satu unit sepeda motor kepada Puskesmas Tabonji.
 
Salah satu perawat teladan dari Distrik Waan, Antonius Y. Tjabui, Amk dari Puskesmas Waan, menyampaikan terimakasih kepada dinas yang sudah memberikan penghargaan kepadanya.
 
"Sebenarnya ada senior-senior saya yang bekerja lebih lama, hanya mungkin ada pertimbangan lain sehingga saya yang terpilih jadi perawat teladan," ucapnya usai terima pengetahuan di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Merauke, Selasa (12/11/2019). 
 
Ia mengaku kaget ketika mendapatkan penghargaan tersebut. Menurutnya, bertugas di Distrik Waan mempertaruhkan nyawa karena transportasi hanya melalui air selama berjam-jam.
 
Mengenai fasilitas kesehatan, menurutnya cukup memadai karena sudah dibangun puskesmas prototype bantuan dari kementrian kesehatan. Kesehatan masyarakat juga sudah meningkat jauh lebih baik. Terutama, kesadaran masyarakat untuk berobat dan bersalin di puskesmas, tidak lagi ke dukun atau bersalin sendiri.
 
Dalam amanat Mentri Kesehatan yang dibacakan Kadis Kesehatan Merauke, Erni Siahaya mengatakan, perhatian pemerintah dalam kurun waktu lima tahun mendatang diprioritaskan pada pembangunan SDM. Ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan yang berkaitan dengan Pembangunan SDM yang berkualitas, yaitu stanting dan jaminan kesehatan nasional. 
 
"Selain itu, dua isu kesehatan lainnya yang harus diatasi adalah tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut dapat diatasi bersama untuk segera mendapatkan solusinya," ucap Erni.
 
Para tenaga medis diharapkan mampu menciptakan inovasi baru demi kemajuan indeks kesehatan bagi masyarakat dengan tetap berpedoman pada aturan yang sudah ditetapkan. Penggunaan dan pemakaian keuangan harus tepat sasaran dan transparan.(geet)

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda