Pimpinan DPRD Kabupaten Merauke Resmi Dilantik

Berita » Detail

Berita Utama
25 Nov 2019 08:13
Pimpinan DPRD Kabupaten Merauke Resmi Dilantik
Pimpinan DPRD Kabupaten Merauke periode 2019-2024 akhirnya secara resmi dilantik melalui pengambilan sumpah/janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Merauke, Orpha Martina, Sabtu (23/11/2019) di Ruang Sidang DPRD Merauke.
 
Ir. Drs. Benjamin I.R. Latumahina dilantik sebagai Ketua DPRD Merauke, Hj. Al-Marotu Solikah, SH sebagai Wakil Ketua I dan Dominikus Ulukyanan, S.Pd sebagai Wakil Ketua II. Sebagaimana isyarat UU bahwa partai politik yang memperoleh jumlah kursi terbanyak pertama secara berurutan berhak menduduki jabatan ketua dan wakil-wakil ketua.
 
Hasil perolehan kursi partai politik yang ditetapkan oleh KPU Merauke secara berurutan, pertama; Partai NasDem memperoleh lima kursi. Kedua; Partai Kebangkitan Bangsa memperoleh lima kursi. Ketiga; Partai Golkar memperoleh empat kursi.
 
"Dalam tata tertib dewan pasal 38 bahwa pimpinan anggota DPRD, merupakan satu kesatuan pimpinan yang bersifat kolektif dan kolegial. Demikian kedudukan pimpinan dan anggota juga sama,yang beda adalah jabatannya. Kami harap tidak ada pemisah dalam berkomunikasi antara kita. Kita dukung lembaga ini menuju ke yang lebih baik," ucap Ketua DPRD yang akrab disapa Benny Latumahina.
 
Agenda dewan setelah pelantikan adalah bersama pemerintah daerah segera membahas RAPBD tahun 2020. Benny menyampaikan beberapa hal yang harus segera di sikapi dan ditindaklanjuti secara cepat, diantaranya, masalah pemasaran beras petani Merauke, masalah BBM yang dikeluarkan masyarakat, pemekaran Provinsi Papua Selatan dan kursi afirmatif.
 
Sebelumnya, telah digelar tikar adat oleh para tua-tua adat Merauke memperjuangkan kursi afirmatif  berkaitan dengan jumlah keterwakilan orang asli Papua di DPRD Merauke sangat sedikit di periode 2019-2024.
 
"Sebagai bentuk tanggung jawab moril kami, segenap anggota dewan akan memperjuangkan ke pemerintah pusat bersama dengan perwakilan masyarakat adat. Semoga perjuangan mulia ini mendapat respon dari pemerintah pusat," ucapnya.
 
Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam sambutannya mengharapkan anggota dewan periode saat ini diharapkan berperan aktif, mengawasi dan mendukung jalannya tugas pemerintah daerah agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dan majunya Kabupaten Merauke.
 
"Bapak ibu adalah pemegang mandat rakyat melalui pikiran, perkataan dan pengambilan keputusan."(geet)
 
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda