KPPN Merauke Selenggarakan Bimtek EUT Sakti Web Bagi Pengelola Keuangan Negara

Berita » Detail

Berita Utama
28 Nov 2019 07:23
KPPN Merauke Selenggarakan Bimtek EUT Sakti Web Bagi Pengelola Keuangan Negara
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke melaksanakan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pelaksanaan End User Training (EUT) Sakti Web Modul Administrator dan Penganggaran bagi satuan kerja (Satker) pengelola keuangan negara yang ada di lingkungan KPPN Merauke.
 
Kepala KPPN Merauke, I Made Ambara mengatakan, Bimtek tersebut adalah bagian dari perbaikan pengelolaan keuangan negara dalam bentuk penerapan teknologi informasi pada pelaksanaan anggaran.
 
Bimtek dilaksanakan tiga tahap, sejak 25-27 November 2019 dan diikuti  95 satuan kerja yang menjadi mitra KPPN Merauke. Fungsi dari aplikasi Sakti sebenarnya sudah ada sejak lama yang digunakan untuk perencanaan, pencairan anggaran dan pertanggungjawaban. 
 
"Untuk ke depannya, fungsi semua aplikasi yang sudah digunakan pada tiga kegiatan di atas, selanjutnya akan terintegrasi dalam satu aplikasi yaitu aplikasi Sakti. Ini semakin memudahkan para pengguna dari mitra kerja karena data-datanya tersimpan di server Pusat," terang Kepala KPPN Merauke, I Made Ambara pada sela-sela kegiatan hari terakhir, Rabu (27/11/2019) di KPPN Merauke. 
 
Aplikasi Sakti, lanjut I Made, tingkat keamanannya sudah pasti terjamin karena aplikasi ini menggunakan email langsung dari masing-masing kementrian para Satker mitra KPPN,  bukan dari google dan Yahoo yang tidak menjamin keamanan data negara. 
 
"Sehingga kita membutuhkan domain email yang resmi dari masing-masing kementrian."
 
Ia menyebutkan, dari 16 ribu lebih Satker yang ada di seluruh Indonesia, 92 persen belum mempunyai email kedinasan, karena belum ada kesadaran para Satker tentang keamanan data. KPPN Merauke mendorong para satker yang ada di wilayah kerjanya untuk budayakan atau utamakan keamanan data negara dengan menggunakan aplikasi Sakti. 
 
Untuk memudahkan penggunaannya, KPPN juga memfasilitasi pembukaan email kedinasan bagi Satker yang belum punya. Domain emailnya @sakti.go.id karena sebelumnya, Kementrian Keuangan sudah melakukan MoU dengan Kementrian Kominfo, dan Kominfo yang akan membantu membuka email baru sekaligus diberikan User dan Password.
 
"Hadirnya aplikasi Sakti ini,  pengelolaan keuangan negara akan jauh lebih baik, efektif, aman dan lancar," tandasnya.(geet)

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda