Inspektorat Merauke Dipilih Masuk Pengujian Untuk Naik Level Tiga

Berita » Detail

Berita Utama
30 Nov 2019 21:04
Inspektorat Merauke Dipilih Masuk Pengujian Untuk Naik Level Tiga
Target Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), tahun 2019 kapabilitas seluruh Aparatur Pengawasan Interen Pemerintah (APIP) atau Inspektorat di seluruh Indonesia naik di level 3. Khusus di Papua, baru Inspektorat Merauke yang diuji level 3.
 
Kepala Inspektorat Merauke, Drs. Irianto Sabar Gattang mengatakan dari segi dokumen dan pelayanan, Inspektorat Merauke sudah taraf level 3 berdasarkan hasil self-assessment dari BPK Provinsi Papua. Namun, hasil tersebut harus ada pembuktian di BPKP RI.
 
"Sementara ini kita masih menunggu hasil pengujian itu. Untuk menentukan apakah betul-betul self assessment yang kita sudah lakukan yang level tiga ini sudah memenuhi syarat, yang nantinya akan diumumkan secara nasional dari pusat," jelas Drs. Sabar Gattang di Merauke, Jumat (29/11/2019).
 
Ia mengatakan, semua  persyaratan dan perlengkapan dokumen sudah diserahkan sejak  Oktober 2019. Pihaknya masih menunggu hasil penilaian yang akan diumumkan pada Desember besok.
 
Kata Sabar, ketika berada di level 3, Inspektorat sudah bisa memberikan penilaian terhadap seluruh penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan di daerah. Bisa melakukan pencegahan korupsi, dan melakukan investigasi.
 
Dari segi SDMnya sudah memadai, sehingga sangat kuat ketika melakukan pemeriksaan. Selain itu, dari sisi anggaran diperkuat oleh pemerintah daerah, dan secara kualitas maupun kuantitatnya memenuhi syarat.
 
"Yang utama adalah Inspektorat sudah mampu mendampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Harapan kita, ketika sudah naik ke level tiga, bearti Inspektorat Daerah Merauke sudah mumpuni untuk mengawal penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Merauke dan tidak diragukan lagi," tambahnya.
 
Selain itu, dengan pencapaian di level 3, maka Inspektorat Merauke akan menjadi barometer bagi Inspektorat lainnya di Papua, karena yang lain masih pada level 1 dan 2.(geet) 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda