Tingkatkan Pelayanan Pemerintahan, Kepala Distrik Se-Kabupaten Merauke Ikuti Rapat Kerja

Berita » Detail

Berita Utama
02 Dec 2019 20:58
Tingkatkan Pelayanan Pemerintahan, Kepala Distrik Se-Kabupaten Merauke Ikuti Rapat Kerja
Guna mendapatkan informasi/masukan dalam pemecahan masalah pelayanan bidang pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat dalam cakupan wilayah pelayanan masing-masing distrik, Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Merauke menyelenggarakan rapat kerja para kepala distrk se-Kabupaten Merauke.
 
Raker bertujuan untuk menyatukan konsepsi dan pola pikir dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di tingkat distrik dan sebagai media evaluasi program kerja dan pelimpahan kewenangan yang belum tertuang secara menyeluruh dalam Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) selama ini, serta dapat menyerap segala masukan baik berupa saran, maupun usulan dari pimpinan, kepala distrik, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan semua pihak terkait.
 
"Hasil yang diharapkan, terwujudnya penyamaan persepsi pelayanan pemerintahan pada setiap SKPD Distrik dan SKPD Kabupaten Merauke secara konferehensif sesuai dengan pelimpahan kewenangan yang telah diberikan," terang Panitia Kegiatan, Usman Budi Utomo di Itese Merauke (2/12/2019).
 
Selain itu, dapat mewujudkan pelaksanaan Otonomi Daerah, harus sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, dan bertanggungjawab. Mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif, efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik dan SKPD Distrik mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam mendukung Pemerintah Daerah.
 
"Diharapkan setelah rapat kerja ini, kepala distrik dapat diberikan rekomendasi atas pelaksanaan kegiatan tugas pelayanan bidang Pemerintahan Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan serta pemberdayaan diseluruh wilayah distrik kepada Bupati Merauke."
 
Kesempatan yang sama Sekda Merauke, Drs. Daniel Pauta menegaskan, para kepala distrik yang terdiri dari 20 distrik harus tinggal dan menjalankan tugas di tempat tugas. Selaku Sekda Merauke, secara diam-diam telah melakukan kunjungan kerja di beberapa distrik, namun sebagian kepala distrik tidak ada di distrik alias luar daerah.
 
"Kepala distrik harus duduk di tempat, jangan jalan kesana kemari, karena kehadiran kepala distrik sangat penting," kata Daniel Pauta.
 
Bahkan ia mensesalkan dalam Reker yang dilaksanakan dua hari itu, sebagian kepala distrik tidak hadir karena berada di luar Merauke.
 
Sekda menegaskan, tugas kepal distrik selanjutnya adalah memberikan data jumlah penduduk di distriknya masing-masing untuk diserahkan kepada kabupaten. Menurut Sekda, belum semua distrik di Kabupaten Merauke mempunyai data penduduk yang valid.(geet)
 
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda