HUT PUPR Di Merauke Dimeriahkan Dengan Pemotongan Tumpeng

Berita » Detail

Berita Utama
04 Dec 2019 09:36
HUT PUPR Di Merauke Dimeriahkan Dengan Pemotongan Tumpeng
Puncak peringati HUT PUPR ke-74 tahun 2019, di Kabupaten Merauke diwarnai dengan pemotongan tumpeng usai upacara di Halaman Kantor Balai Jalan Nasional XXII Merauke, Selasa (3/12/2019).
 
Sebelumnya, Bupati Merauke, Frederikus Gebze memimpin upacara HUT PUPR dan membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo, yang menegaskan, pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia harus memiliki dampak siginfikan bagi kesejahteraan masyarakat. 
 
"Seluruh jajaran pemerintah dan mitra yang terlibat harus memastikan bahwa pembangunan infrastruktur fokus manfaat memberikan langsung bagi masyarakat, khususnya dalam menaikkan kelas UMKM, lapangan kerja dan peningkatan ekspor, dan pengembangan pariwisata," sebut Freddy dalam sambutan yang dibacakannya.
 
Jokowi mengatakan, sudah saatnya pemrintah menghubungkan obyek wisata dengan sentra-sentra pemasaran. Jalan tol harus tersambung dengan kawasan industri. Pelabuhan harus tersambung dengan kawasan logistik dan distribusi. Bandara harus tersambung dengan kawasan perdagangan dan jasa, serta infrastruktur lainnya harus tersambung dengan sentra dan kawasan ekonomi. 
 
Ia mengatakan, konektivitas tidak akan terwujud tanpa ada sinergi dalam pemerintahan. Saya minta seluruh jajaran pemerintah untuk bersinergi, mulai dari pusat sampai daerah untuk duduk bersama-sama menyepakati mana tanggung jawab pemerintah pusat, mana tanggung jawab pemerintah provinsi serta mana tanggung jawab pemerintah kabupaten dan kota, katanya.
 
"Sinergi pemerintahan juga akan berpengaruh besar dalam kesuksesan agenda pembangunan berikutnya. Selama lima tahun ke depan kita akan melanjutkan pembangunan 60 bendungan, 1.000 embung, 500.000 hektar jaringan irigasi baru, 2.500 km jalan tol dan 60.000 km jalan baru. Kita juga akan meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak menjadi 90% serta akses sanitasi dan persampahan menjadi 80%. Melanjutkan Program Sejuta Rumah, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah."
 
Selain itu, pemerintah Indonesia akan mewujudkan pemindahan Ibukota Negara (IKN) Kalimantan Timur dengan konsep Smart Metropolis. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur 5 destinasi wisata prioritas yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 yakni Kawasan Danau Toba di Sumatera Utara, Kawasan Borobudur di Jawa Tengah, Kawasan Mandalika di NTB, Kawasan Labuan Bajo di NTT dan Kawasan Manado-Likupang di Sulawesi Utara. 
 
"Mari kita sama-sama memajukan pembangunan Indonesia yang berkeadilan," ajak Jokowi.(geet)
 
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda