Lantamal XI Laksanakan Upacara Hari Dharma Samudera

Berita » Detail

Berita Utama
17 Jan 2020 08:04
Lantamal XI Laksanakan Upacara Hari Dharma Samudera
Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke melaksanakan upacara memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 15 Januari. 
 
Inspektur Upacara (Irup) oleh Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) dan Komandan Upacara Mayor Laut (E) Arijadi, bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XI, Jalan Noari Kabupaten Merauke, Rabu (15/1/2020).
 
Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE., M.M. pada upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang dibacakan Irup menyampaikan upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini, pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan. Agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
 
"Pertempuran laut arafuru yang terjadi pada tanggal 15 januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso. Sebagai Prajurit Laut, beliau menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut," ucapnya.
 
Pertempuran yang kita hadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak banyak berubah, namun hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda segala tantangan menyangkut batas laut teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut. 
 
"Oleh sebab itu, nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan."
 
Lebih lanjut Irup menegaskan melalui peringatan Hari Dharma Samudera tersebut, pertama, tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kedua, teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah.
 
Ketiga, pupuk jiwa patriotisme dan jati diri Prajurit Matra Laut; dan 
keempat, tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi.
 
Kesempatan yang sama dilaksanakan acara tabur bunga dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba mancing, lomba peluit dan lomba lempar tali buangan yang diselenggarakan dalam rangka Bulan Trisila TNI AL, serta pelaksanaan nonton bareng Film A Brave Gentleman dalam mengenang Pertempuran Laut Arafuru yang dilaksanakan pada malam harinya di Holding Room Mako Lantamal XI Merauke.(geet)
 
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda