Karantina Pertanian Amankan Tanduk Rusa Tanpa Dokumen

Berita » Detail

Berita Utama
20 Feb 2020 08:11
Karantina Pertanian Amankan Tanduk Rusa Tanpa Dokumen
Petugas Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Merauke mengamankan tanduk rusa tanpa dokumen yang hendak dibawa ke luar Merauke di Bandara Mopah Merauke, Selasa (18/02/2020).
 
Medik Veteriner Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Merauke drh. Candra Nunus membenarkan penggagalan tanduk rusa yang rencananya akan dibawa ke Pulau Jawa.
 
"Dari hasil pemeriksaan, tanduk rusa akan dibawa ke Jawa, tapi tidak memiliki dokumen persyaratan," ujarnya, Rabu (19/02/2020) di Merauke.
 
Dokumen yang dimaksudkan adalah Surat Angkut Tumbuhan dan Aatwa liar Dalam Negeri (SATS/DN) yang harus dilengkapi. Sebab, tanduk rusa merupakan barang konservasi yang dilindungi, sehingga sebelum ke karantina pertanian harus ke BKSDA untuk melengkapi dokumen itu. 
 
Dikatakan, pemilik belum mengetahui prosedur untuk membawa barang konservasi. Pemilik mengaku itu pemberian temannya yang juga tidak mengetahui prosedur sebelum barang dibawa ke daerah lain. 
 
Candra menyebutkan, penggagalan keluarnya tanduk rusa tanpa dokumen merupakan kali pertama di awal tahun 2020. Tahun sebelumnya pernah terjadi hal yang sama dan akhirnya diamankan petugas.(geet)
 
 
 

 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda