Usai Dilantik, Anggota PPD Ditegaskan Bekerja Berpedoman Pada Aturan Dan UU 

Berita » Detail

Berita Utama
01 Mar 2020 12:11
Usai Dilantik, Anggota PPD Ditegaskan Bekerja Berpedoman Pada Aturan Dan UU 
Sumpah Janji dan Pelantikan Anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) untuk Pemlu Bupati dan Wakil Bupati Merauke Tahun 2020 dilaksanakan Sabtu (29/02/2020) di Swissbel-Hotel Merauke.
 
Ketua KPUD Merauke, Theresia Mahuze mengatakan, usai dilantik, 100 anggota PPD mengikuti bimbingan teknis. Mereka dituntut bekerja berpedoman dan tunduk pada aturan serta UU yang berlaku.
 
"Kita bekerja berpedoman pada aturan dan UU yang berlaku, tidak tunduk pada siapapun. Karna kerja kita adalah kerja berat, ketika kita melanggar maka ada konsekuensi atau akibat yang akan diterima," tegas Ketua KPU dalam sambutannya.
 
Tugas Anggota PPD adalah membantu KPU dalam menyelenggarakan Pemilu merupakan tugas berat. Namun, menurut Therisa ada lagi yang lebih berat yaitu menahan godaan. Terutama menjelang pemungutan suara, pasti banyak tawaran berupa uang kepada petugas untuk memanipulasi jumlah suara.
 
Hal ini disampaikan karena pimpinan KPU Merauke sendiri mengalaminya pada Pilpres dan Pileg lalu. H-2 sebelum pemungutan suara, ada yang telpon dirinya minta nomor rekening untuk mentransfer uang ratusan juta dengan catatan merubah jumlah suara. 
 
"Ini tidak mudah. Segala keputusan yang kita ambil, baik kita menerima atau tidak akan ada konsekuensinya. Ketika menerima akan berakibat fatal, di penjara dan diberhentikan. Ketika menolak pasti hidup kita aman dan kita menegakkan aturan," tuturnya.
 
Ia mengaku saat itu tidak terpengaruh pada ratusan juta yang ditawarkan kepadanya dan lebih memilih bekerja sesuai ketentuan. Hasilnya, KPU Merauke diakui sebagai penyelenggara Pemilu terbaik se Provinsi Papua dan memboyong enam penghargaan sekaligus.
 
Ketika dihadapkan pada situasi seperti di atas, anggota PPD diingatkan tidak menerima tawaran dalam bentuk apapun dan tidak tunduk pada siapapun selain pada aturan dan ketentuan UU.
 
Hal penting lain yang juga disampaikan, bahwa anggota PPD maupun komisioner KPU harus solid. Selalu ada komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga semua tugas yang dikerjakan akan berjalan sesuai harapan.
 
Lanjut Theresia, hasil kerja yang optimal bisa didapat ketika dilakukan dengan tulus, tidak ada beban karena melakukan penyimpangan.
 
"Kalau dalam perjalanan ketahuan melakukan tindak pidana maka kami KPU akan memberhentikan. Kita memilih investasi nama baik untuk jangka panjang dari pada investasi uang dll," tegasnya.(geet)
 
 
 

 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda