15 Hektar Padi di Kabupaten Merauke Dipanen

Berita » Detail

Berita Utama
13 May 2020 20:54
15 Hektar Padi di Kabupaten Merauke Dipanen
Panen raya padi sawah kembali dilakukan Pemda Merauke dan petani pada lahan seluas 15 hektar jenis Inpari 32 di SP.9 Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring, Selasa (12/5/2020).
 
Bupati Merauke Frederikus Gebze, membuka pelaksanaan panen raya tersebut disertai dengan kegiatan Video Confrence (Vicon) bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo yang diikuti Gubernur NTT, Gubernur Jawa Timur serta beberapa kabupaten lainnya.
 
Bupati Freddy dalam laporannya sekaligus meminta dukungan pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian untuk penambahan alat mesin pertanian sejumlah 60 unit Combain. Sebagaimana yang dikeluhkan petani akan kekurangan Alsintan.
 
"Luas lahan dan hasil panen petani Merauke terus meningkat, jadi kami minta bantuan Combain sebanyak 60 unit untuk Merauke," pinta Freddy dalam Vicon di lahan panen.
 
Kesempatan yang sama, dilaporkan beras Petani Merauke selama masa Pandemi Covid-19 ini sudah di kirim ke berbagai Kabupaten dan Kota di Papua. Untuk itu, guna mendukung proses dan mempertahankan kualitas beras yang baik, sangat perlu dukungan peralatan tani yang memadai.
 
Lanjut Freddy, panen raya di masa pandemi Covid-19 ini, membuktikan bahwa Merauke sebagai lumbung padi di Papua, sebagaimana belum lama ini  Bulog Merauke sudah kirim beras ke Jayapura dan Timika sebanyak kurang lebih 2000 ton.
 
“Merauke menyiapkan lumbung pangan Nasional di Indonesia khususnya di Papua,” ungkap Bupati.
 
Penyampaian Freddy disambut baik Menteri Pertanian dan khusus alat pertanian beruba Combain sudah dicatat untuk ditindaklanjuti oleh kementrian.
 
Usai Vicon, Bupati Merauke mengajak para petani untuk semangat bertani dengan meningkatkan hasil panen dan kualitas beras. Dalam aktivitas setiap hari tetap mengikuti protokol Covid-19 dan menjaga kesehatan dan kebersihan agar tetap sehat.
 
Kegiatan panen raya itu, juga dihadiri  Kapolres, Dandim 1707, Ketua DPRD dan anggota, Danramil Merauke, Kapolsek Tanah Miring, Kepala Dinas Pertanian, Kasatpol PP, Kepala Bank Papua, Kabulog, Kepala Distrik Tanah Miring, Kepala Kampung Yaba Maru, Babinsa Yaba Maru, Bhabinkamtibmas Yaba Maru, Ketua kelompok Tani,  dan para petani Kampung Yaba Maru.(geet)
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda