Ijin Tinggal Keimigrasian Pada New Normal Bagi WNA Disosialisasikan

Berita » Detail

Berita Umum
16 Jul 2020 14:10
Ijin Tinggal Keimigrasian Pada New Normal Bagi WNA Disosialisasikan
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Merauke, Danang beserta jajarannya melaksanakan sosialisasi keimigrasian tentang ijin tinggal pada masa new normal bagi warga negara asing atau WNA di Merauke.
 
Sosialisasi ini menghadirkan pihak sponsor, perusahaan dan pihak Keuskupan Agung Merauke yang dilakukan di RM Sederhana, Rabu (15/7/2020).
 
Kepala Imigrasi menjelaskan, selama pandemi dewasa ini, WNA harus mengikuti aturan-aturan yang baru. Salah satunya WNA diberikan ijin tinggal darurat 30 hari yang harus diperpanjang dalam kurun waktu 30 hari. Terutama bagi yang punya ijin tinggal dengan masanya berakhir pada 13 Juli.
 
Hal ini berlaku bagi WNA yang mempunyai ijin tinggal sementara (ITS) atau ijin tingagal tetap (ITAP). Jika masa berlakunya sudah berakhir segera melakukan perpanjangan dalam kurun waktu 60 hari dan mengajukan visa baru. 
 
"Jangka waktu permohonan selama 30 hari. Kalau tidak segera dilakukan akan dikenakan sanksi administrasi berupa deportasi," ujar Dadang.
 
Danang mengatakan, WNA yang sakit dalam masa pandemi covid-19 akan diperlakukan sama seperti WNI. Sementara ini masih aman, tidak ada WNA yang mengalami masalah dengan ijin tinggal atau yang terpapar Covid-19.
 
Jumlah WNA terbanyak berasal dari Korea yang bekerja di perusahaan perkebunan di Merauke, sekitar sekitar 50 lebih orang. Di antara ini, ada yang punya misi tugas kerohanian maupun sekedar berlibur.
 
Baik sponsor atau perusahaan sangat patuh dalam mengurus ijin tinggal WNA. "Perusahaan atau sponsor di Merauke cukup patuh," tutupnya.(geet)

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda