Kapolres Merauke Lounching Aplikasi Saham SOS

Berita » Detail

Berita Umum
24 Jul 2020 08:41
Kapolres Merauke Lounching Aplikasi Saham SOS

Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto, Sik didampingi Kasat Reskrim Polres Merauke AKP Caroland Ramdani, Sik, MH melaunching Aplikasi Saham SOS untuk memudahkan bila melaporkan suatu tindak pidana, peristiwa, kecelakaan, kebakaran dan peristiwa lainnya yang membutuhkan kehadiran Polisi.

Lounching dilakukan di Aula Mapolres Merauke, Kamis (23/7/2020) disaksikan Forkopimda Kabupaten Merauke, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, instansi terkait, mahasiswa, pelajar dan tamu undangan.

Aplikasi Saham yang artinya Sapa Mo Help Merauke adalah kode untuk memberikan pertolongan. Saham atau Kanguru merupakan hewan endemik di Kabupaten Merauke yang menjadi kearifan lokal,

"Aplikasi ini sangat mudah digunakan mengingat hampir semua masyarakat memiliki HP android sehingga dengan mudah mendownload serta menikmati fitur-fitur yang ada, disamping itu aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat membuat laporan," ujar Kapolres.

Setelah ada laporan yang masuk, petugas dari kepolisian dengan cepat merespon dan masyarakat dapat berperan serta aktif membantu masyarakat yang butuh pertolongan, karena dalam aplikasi ini semua masyarakat yang berada dalam radius 500 meter akan mendapatkan notifikasi ketika ada yang melapor sehingga mereka dapat ikut membantu mengamankan TKP, memberi pertolongan bahkan menangkap pelaku kejahatan sambil menunggu kehadiran anggota polisi setempat.

Akses aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat guna melaporkan suatu kejadian kepada Polisi. Aplikasi ini langsung menunjukkan lokasi kejadian/ pelapor dengan google map, mengetahui siapa yang membuat laporan dan dokumentasi serta laporan singkatnya.

Bagi warga Merauke dapat mendownload langsung di Google dengan alamat : http://patrolisibermerauke.com/sahamsos.apk atau http://patrolisibermerauke.com/landing/ dengan menyertakan nomor induk KTP.

Aplikasi ini juga langsung terhubung dengan Instansi pemadam kebakaran, Basarnas dan Rumah Sakit apabila ada kejadian yang membutuhkan kehadiran instansi tersebut seperti jika ada kebakaran, ada ibu melahirkan yang membutuhkan ambulance/dokter termasuk jika masyarakat butuh bantuan medis.(geet)

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda