Aparat Kuler Ikuti Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik

Berita » Detail

Berita Umum
11 Sep 2020 08:18
Aparat Kuler Ikuti Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati dan Pupuk Organik
Dalam mewujudkan ketahanan pangan di perbatasan Kampung Kuler, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa hadirkan mahasiswa fakultas pertanian Universitas Musamus (Unmus) untuk sosialisasikan pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik kepada aparat Kampung Kuler.
 
Usai sosialisasi, dilanjutkan dengan praktek cara pembuatan pestisida nanti dan pupuk organik. Dipimpin Komandan SSK D Kapten Inf Rahmat Sofyan di Pos Kuler Satgas Yonif 125/Si’mbisa.
 
“Selain itu, penggunaan pestisida nabati dan pupuk organik juga lagsung diaplikasikan di kebun yang ada di Pos Kuler, sehingga akan lebih mudah dipahami,” ujar Dansatgas Yonif 125/Si'mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi, Kamis (10/9/2020) di Merauke.
 
Lebih lanjut dikatakan, sosialisasi pembuatan maupun penggunaan pestisida nabati dan pupuk organik sangat besar manfaatnya, karena selain aman bagi manusia, lingkungan juga tidak tercemar.
 
“Mendorong penggunaan pestisida nabati dan pupuk organik kepada petani sangat penting untuk menjaga dan memelihara kelestarian alam,” tandasnya.
 
Di tempat terpisah, Lion Elepore (21) mahasiswa fakultas pertanian Unmus menuturkan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pestisida nabati maupun pupuk organik ini sangat mudah diperoleh dengan biaya yang relatif murah.
 
“Diharapkan sosialisasi yang kami berikan dapat bermanfaat meningkatkan hasil panen warga yang aman untuk dikonsumsi,” ucapnya.
 
Sementara itu, Kepala Kampung Kuler Maria Ndiken (42) mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas inisiatifnya mengundang mahasiswa Unmus untuk memberikan sosialisasi tersebut.
 
“Melalui sosialisai ini, kami mendapat pengalaman baru dalam pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik dengan bahan yang mudah didapat, biaya yang dibutuhkan untuk pembuatannya juga relatif murah. Pengalaman ini nantinya akan kami bagikan kepada masyarakat Kuler," tuturnya.(geet)
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda