Berawal dari Batok Kelapa, Home Industri OAP Makin Berkembang

Berita » Detail

Berita Umum
26 Nov 2020 23:02
Berawal dari Batok Kelapa, Home Industri OAP Makin Berkembang
Bukan hanya batok kelapa yang dikembangkan dalam home industri, tetapi isi batok mulai diproduksi untuk  pemberdayaan ekonomi masyarakat Orang Asli Papua (OAP) di Merauke.
 
Tidak hanya mengajarkan cara pembuatan, Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji selaku penggagas juga menyiapkan mesin, dan peralatan kepada kelompok masyarakat OAP yang sudah tergabung di dalamnya.
 
"Saya kasih mesin, kasih peralatan, saya ajarkan cara buatnya dan hasilnya saya beli kembali, supaya mereka nyaman," kata Kapolres Merauke, Senin (24/11/2020).
 
Saat diwawancarai, AKBP Untung menyebut bahwa dirinya sudah membantu dan membentuk 10 kelompok masyarakat, lima kelompok ibu-ibu dan lima lainnya kelompok pemuda dan bapak-bapak.
 
"Sudah ada bukti. Yang saya ingin mereka yang mabuk dilatih. Buktinya, yang tukang mabuk ini kerjanya bagus asal kita latih dengan hati," pungkas Untung.
 
Lanjut, kata Untung, mereka yang tergabung dalam home industri ini, selain pemabuk ada juga ibu-ibu pelaku peracik minuman oplosan untuk dijual.
 
Kegiatan home industri sudah meluas, karena bukan hanya batok kelapa saja yang dimanfaatkan untuk perbuatan kancing baju. Kini, isi batok atau isi kelapa sudah dikembangkan untuk menghasilkan minyak kelapa asli yang tentu manfaatnya sangat banyak.
 
Makin besar industri yang dihasilkan, lambat laun akan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak lagi. Ini diharapkan, mengurangi angka pengangguran dan menekan aktifitas yang menyimpang.(geet)
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda