Petugas PLN Gencar Perbaikan Jaringan Kelistrikan

Berita » Detail

Berita Umum
13 Feb 2021 09:42
Petugas PLN Gencar Perbaikan Jaringan Kelistrikan
Petugas PLN UP3 Merauke terus melakukan perbaikan jaringan listrik di Kota Merauke. Salah satunya, penggantian jenis kabel telanjang ke kabel bungkus.
 
Pengawas Pembangunan Jaringan PLN UP3 Merauke, Markus B mengatakan, penggantian kabel dari kabel A3c ke A3cs. Alasannya, kabel A3c merupakan kabel telanjang yang sering mengalami gangguan saat tersentuh benda atau batang dan daun pohon.
 
"Jadi kita ganti dengan kabel dalam atau kabel bungkus, dari 70 mili diganti dengan 150 mili." ujar Markus, Rabu (10/02/2021) di Merauke.
 
Pihaknya telah mengganti dan memasang kabel A3cs di Jalan Martadinata menuju Bandara Mopah. Pasalnya, disaat tersentuh dahan akan menimbulkan gangguan hingga pemadaman. 
 
Petugas berharap, pada saat perbaikan jaringan didukung masyarakat sekitar jangan mempersulit. Terutama ketika ada pohon atau tanaman yang dahan atau rantingnya menyentuh kabel telanjang harus dipangkas.
 
"Kalau ada pohon yang menyentuh kabel harus ditebang, tolong masyarakat ijinkan. Karena itu sangat mengganggu arus listrik," pinta Markus.
 
Lanjut kata Markus, khusus kabel telanjang diprioritaskan untuk diganti dengan jenis kabel bungkus. Tujuannya meminimalisir terjadi gangguan yang disebabkan oleh pohon. Jalan Martadinata-Bandara Mopah salah satu jalur yang selalu mengalami gangguan karena pemilik pohon tidak mengijinkan pohonnya ditebang.
 
"Di situ ada juga pohon kelapa. Biar daunnya saja kita potong tidak diijinkan. Kita dituntut harus bayar 15 juta. Daun kelapa sudah sampai hangus dan mengering," keluh Markus.
 
Dikhawatirkan, ketika ada yang sandar atau sentuh pohon kelapa itu akan tersengat arus listrik. Alasan tidak boleh ditebang karena ditanam pakai adat. 
 
"Kendalanya, ketika musim hujan, terjadi pemadaman di jalur itu. Sehingga kita prioritas kabel yang masih telanjang kita ganti supaya lebih aman. Kita harapkan kalau ada pohon yang harus ditebang jangan ditahan atau dipersulit supaya pelayanan kita kepada masyarakat juga lancar," pintanya.
 
Ia juga sampaikan permohonan maaf ke pelanggan bahwa saat pekerjaan jaringan, perlu pemadaman untuk safety petugas. Diharapkan pelanggan memakluminya untuk kehandalan kelistrikan di Merauke.(geet)
 
 
 

Penulis

Kintan Rhapsudyah

staff

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda