Berita Utama

Jembatan Ndalir Rusak Karena Warga

Jembatan Ndalir Rusak Karena Warga

Jembatan Ndalir, yang menghubungkan Distrik Merauke dan Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua kini nyaris ambruk. Kondisi ini diduga akibat ulah oknum warga yang melakukan penggalian pasir ilegal di sekitar jembatan.

“Saya sebagai bupati Merauke menegaskan, masyarakat harus sadar dulu, memproteksi dan mengambil sikap sebelum pemerintah berada di depan, agartidak terjadi pengulangan pembangunan,” kata Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Sabtu (03/02) di Merauke.

Menurutnya, jika belum ada sikap dari masyarakat, melalui kesepakatan bersama menghentikan penggalian pasir di sekitar lokasi, pemerintah belum dapat mengambil langkah perbaikan jembatan. Dikhawatirkan, nantinya tidak akan ada pemeliharaan bersama.

Katanya, masyarakat yang tingagal di wilayah sekitar jembatan, tokoh adat, agama, pihak kepolisian dan pemerintah distrik, harus membuat surat pernyataan dan kesepakatan bersama, agar penggalian pasir di badan jalan atau jembatan tidak dilakukan lagi.

“Segala tindakan penyebab kerusakan, musibah, atas perilaku masyarakat sendiri, jangan melempar kesalahan kepada pemerintah,” ujarnya.