Penyuluh Pertanian Diminta Bantu Meluruskan Informasi Bantuan Alsintan ke Tingkat Petani

Berita » Detail

Berita Umum
31 Mar 2021 09:21
Penyuluh Pertanian Diminta Bantu Meluruskan Informasi Bantuan Alsintan ke Tingkat Petani

Anggota Komisi IV DPR RI , H. Sulaeman L. Hamzah meminta para penyuluh pertanian di Papua membantu menyampaikan informasi secara benar tentang bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada masyarakat.

 

Menurutnya, masih banyak petani yang belum paham alur bantuan Alsintan yang didatangkan dari pusat, sehingga mempunyai persepsi berbeda di kalangan petani.

 

"Tolong bisa menjelaskan kepada siapa saja yang tidak paham terkait bantuan Alsintan, supaya mereka mengerti dan tidak salah paham," ucap Sulaeman, dalam membuka kegiatan Bimtek bagi petani dan penyuluh pertanian Provinsi Papua, Rabu (31/03) di Halogen Hotel Merauke.

 

Ia menerangkan, bahwa bantuan Alsintan bersumber dari dana APBN yang disalurkan dalam dua jalur yakni reguler melelui Dinas Pertanian dan diatur oleh dinas. Kemudian melalui jalur aspirasi, alatnya dikirim dari pusat ke alamat dinas namun dalam penyalurannya diatur oleh anggota legislatif yang telah berhasil mendorong di Kementrian Pertanian di pusat.

 

Salah satunya, adalah Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah yang mempunyai daerah pilihan (Dapil ) Papua. Ribuan Alsintan hasil aspirasi berhasil diboyongnya ke Papua terutama terbanyak ubtuk petani Kabupaten Merauke. Untuk itu, anggota legislatif punya tanggungjawab menyangkut keselamatan, pengelolaan alat serta kesejahteraan kelompok tani penerima alat pertanian yang sudah dibagikan.

 

Prinspnya, setiap yang mendapat bantuan Alsintan harus mengalami kemajuan dan terus berkembang dalam mengelola lahan dengan hasil panen yang berkualitas, serta produksi melimpah. Bahkan, Sulaeman L. Hamzah tidak takut untuk menarik kembali Alsintan yang disalahgunakan penerima.

 

"Masyarakat diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasi atau melapor berbagi masalah yang ditemukan di lapangan di Rumah Aspirasi Partai NasDem di depan Pasar Wamanggu Merauke. Di sana ada petugas yang akan menerima setiap laporan untuk kami tindaklanjuti," ajak Sulaeman.

 

Perlu diketahui bahwa Bimtek ini untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani dalam berusaha tani demi peningkatan kesejahteraan serta untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyuluh pertanian dalam mentransfer teknologi kepada petani sehingga dapat bekerja secara profesional, mandiri, mampu bersaing dan modern.

Penulis

Rayendi Purba

Pegawai Honor Kominfo

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda