Berita Umum

Ketua KONI Pusat Sampaikan Informasi Penting Pada Malam Ramah Tamah

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman sampaikan poin-poin penting menyangkut kesiapan PON XX Papua tahun 2021 pada malam ramah tamah bersama Forkompimda Kabupaten Merauke, tokoh masyarakat, perwakilan pemuda dan Panitia Subda PON Kluster Merauke.

 

Pertama, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menyebut, sebelumnya masih terdapat kesenjangan komunikasi antara PB PON dan Sub PB PON terkait masalah anggaran. Namun, sudah mulai dibahas bersama untuk penentuan besaran untuk masing-masing Subda PON.

 

"Kemarin telah disepakati bahwa mulai hari ini ada sidang pleno antara PB PON Papua dengan para bupati dan wali kota penyelenggara PON XX untuk menentukan angka yang disetujui oleh bupati atau wali kota," ujar Ketum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Kamis (04/06) di SwissBel-Hotel Merauke.

 

Lanjut katanya, terkait konsumsi selama PON sepenuhnya ditanggung oleh Subda PB PON. Sedangkan menyangkut akomodasi, Subda PB PON yang akan mempersiapkannya tetapi dananya ditanggung oleh PB PON.

 

Ia menegaskan ketika ada hal-hal yang terjadi di luar dari ketentuan PB PON, itu tidak menjadi tanggung jawab PB PON melainkan tanggung jawab daerah.

 

Lebih lanjut disampaikan, dalam kegiatan penyelenggaraan even nasional harus melibatkan orang-orang yang punya kompetensi di daerah. Tujuannya agar mampu bekerja, bertanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya, sehingga kedudukan dalam kepanitiaan harus sesuai dengan kompetensinya.

 

"Saya juga mengaharapkan even seperti ini memberikan pengalaman kepada anggota KONI di daerah," ujarnya.

 

Ketua KNPI Merauke, Simon Petrus dalam kesempatan yang sama mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan PON Papua pihaknya telah melakukan perekrutan ribuan relawan PON. Namun masih belum ada kepastian berapa jumlah relawan yang dibutuhkan.

 

"Kami harapkan segera ada kepastian jumlah relawan karena pelaksanaan PON semakin dekat," pintanya. 

 

Para relawan PON selanjutnya akan diberikan sosialisasi pengenalan pelaksanaan even nasional dan bagaimana peran masing-masing relawan untuk mendukung sukses terselengaranya PON Papua. 

 

"Saya berharap Pemda kerja sama dengan TNI-Polrli dan semua pihak supaya even ini bisa berjalan lancar," tandasnya. (Get)