Berita Utama

Kabar Gembira, PLN Perpanjang Subsidi Kelistrikan Hingga 31 Desember

Merauke - Perlu masyarakat Kabupaten Merauke, Papua ketahui bahwa bantuan stimulus kelistrikan untuk daya 450 VA dan 900 VA subsidi masih berlangsung hingga 31 Desember 2021. Stimulus diberikan sebagai wujud kepedulian PLN dalam memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Namun ada perbedaan mekanisme dan nilainya, bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan secara langsung memotong tagihan listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan pramugar, ada penambahan gratisan diberikan saat pembelian token.

 

"Untuk daya 450 VA prabayar ketika pelanggan membeli token 100.000 maka akan mendapat gratisan 50 persen atau tambahan menjadi 150.000. Sedangkan 900 VA token gratisnya 25 persen, misalnya 100.000 token yang dibeli, ditambah dengan token gratis 25.000 maka akan menjadi 125.000. Sementara untuk yang pascabayar otomatis akan dipotong senilai 50 persen untuk 450 VA dan 25 persen untuk 900 VA," ujar Manager Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Merauke, Aloysius Ryan Hanantya Putra, Selasa (16/11) di ruang kerjanya.

 

Mengingat batas waktu hanya sampai 31 Desember, Ryan mengajak kepada masyarakat untuk membeli token sebanyak-banyaknya pada periode masih berlakunya stimulus, agar dapat dipakai dalam waktu lama sebab ada keuntungan dari gratisannya.

Nampak Rumah Pelanggan PLN daya 900VA_Jl. Kuprik Kelapa Lima,Merauke_GetrudisSagaKeo_suara.meruke.go.id_082398509260 

 

"Mumpung masih ada dua bulan ini, dimaksimalkan untuk pembelian token. Kalau ada rejeki lebih jangan ditunda, jangan tunggu sampai habis. Hitung-hitung beli banyak buat nabung," ajak Ryan.

 

Sebagaimana diketahui, stimulus ini sudah berjalan semenjak mewabahnya Covid-19. Semenjak itu, banyak kebijakan yang diambil pemerintah agar masyarakat tetap bertahan dalam situasi sulit karena merosotnya pertumbuhan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

 

"Bantuan stimulus ini benar-benar meringankan beban sehingga begitu diminati dan disambut baik oleh masyarakat. Tujuan pemberian stimulus di masa pandemi ini untuk memberikan keringanan kepada masyarakat. Ini bagian dari kepedulian PLN kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid-19," ujar Ryan.

 

Ryan mengatakan, sementara ini tarif rumah tangga dengan daya 450 VA paskabayar di wilayahnya sebanyak 314 pelanggan. Tarif rumah tangga daya 450 VA prabayar sebanyak 8329 pelanggan. Kemudian, tarif rumah tangga daya 900 VA subsidi paskabayar sebanyak 137 pelanggan. Sedangkan tarif rumah tangga daya 900 VA subsidi prabayar sebanyak 5739 pelanggan.

 

Warga Kelurahan Kelapa Lima Merauke juga ikut bersuka cita menikmati bantuan stimulus dari PLN. Salah satunya seperti disampaikan pelanggan 900VA, Ibu Coletta. Baginya, meski hidup sederhana namun kebutuhan energi listrik sangat diperlukan. 

 

"Saya merasa terbantu dengan bantuan stimulus dari PLN. PLN tetap di hati dan tetap berikan yang terbaik bagi pelanggan," ungkap Coletta.

 

Salah satu warga Kampung Onggari, Daniel Ndiken juga mengutarakan kegembiraannya atas kebijakan bantuan tersebut. Daniel berharap bantuan seperti ini tidak berhenti sampai akir tahun 2021 saja, tetapi tetap ada perhatian pemerintah di tahun-tahun selanjutnya. 

 

Menurut Daniel, PLN punya peran penting dalam kelistrikan untuk melancarkan segala aktivitas masyarakat, terlebih dalam hal penerangan.

 

"Dengan bantuan stimulus, kami pelanggan merasa terbantu apalagi masih Pandemi Covid-19. Mewakili warga kampung saya sampaikan terimakasih kepada PLN, semoga tetap menerangi hingga ke pelosok negeri," tutur Daniel Ndiken.(Get)