Berita Utama

Ini Daerah di Papua yang Disupport Hewan Kurban dari Merauke

Merauke - Untuk memenuhi kebutuhan daging kurban pada 6 wilayah di Papua, Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke telah melakukan pengiriman 301 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang terbagi ke Kabupaten Mappi 32 ekor dari permintaan 40 ekor dan kambing 8 ekor.

Kabupaten Mimika 220 ekor sapi, Kabupaten Yahukimo 10 ekor sapi, Kabupaten Asmat 14 ekor sapi dari permintaan 19 ekor, serta Kabupaten Boven Digoel 20 ekor sapi dari permintaan 50 ekor.

"Total keseluruhan yang sudah dikirim sebanyak 301 ekor sapi dan 9 ekor kambing, dari jumlah permintaan 347 ekor sapi dan 9 kambing," terang Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Martha Bayu, Jumat (8/7/2022) di Merauke.

Dikatakan populasi sapi di Merauke sangat banyak, kisaran 41.967 ekor yang tersebar di 20 Distrik di Kabupaten Merauke. Daerah dengan populasi terbanyak adalah Distrik Semangga, Tanah Miring dan Kurik dengan capaian hingga 6000 lebih.

Meski populasi banyak, Pemkab setempat tetap ada perhitungan agar pemenuhan kebutuhan daging untuk dikonsumsi sehari-hari di Merauke tetap aman. Untuk itu, pengiriman sapi keluar Merauke tidak semuanya terpenuhi sesuai permintaan.(Get)