Berita Utama

Tiba di Bandara Mopah, Bupati Merauke Disambut Meriah

Merauke - Usai hadiri pengesahan UU Daerah Otonomi Baru (DOB) Pemerintahan Provinsi Papua Selatan (PPS), Bupati Merauke Romanus Mbaraka disambut meriah di Bandara Mopah sekembalinya ke Merauke dengan menggunakan Pesawat Garuda, Senin (11/7/2022).

Penyambutan ditandai dengan pengalungan rangkaian bunga anggin oleh Wakil Bupati H. Riduwan, kemudian berjalan masuk di bawah bentangan bendera merah putih raksasa menuju halaman Vip Room Bandara diiringi tarian dari masyarakat. 

Penjemputan ini sebagai ungkapan sukacita, bahwa dalam kepemimpinannya sebagai Bupati Merauke telah berjuang dengan tiga bupati Asmat, Mappi dan Boven Digoel serta para perintis dan pihak yang berkompeten mampu memisahkan daerah Selatan Papua dari Provinsi Papua dan berdiri sendiri menjadi Provinsi Papua Selatan.

"Ini aspirasi masyarakat tentang apa yang dinantikan selama ini dan kemarin UU PPS disahkan. Setalah ini nanti ada agenda saya dan masyarakat untuk bertemu dengan Presiden," ujar Romaus

Usai penjemputan dilanjutkan dengan konfoi keliling Kota Merauke. Efouria berakhir dengan seremoni sykuruan di Halaman Kantor Bupati diikuti semua unsur Forkopimda, kepala OPD, pimpinan tokoh agama, tokoh adat, etnis nusantara, ketua komunitas dan masyarakat Kabupaten Merauke dan perwakilan masyarakat tiga kabupaten yang tinggal di Merauke.

Romanus Mbaraka minta kepada semua elemen bahwa dengan hadirnya Provinsi Papua Selatan harus didukung kerjasama yang baik, supaya dengan PPS ini rakyatnya dapat bertumbuh dan berkembang. 

"Kita pasti harus tumbuh. Tapi saya minta dengan rendah hati, kita harus bersatu. Dalam persatu dan kesatuan, saya ingatkan hari ini, kasi tempat khusus untuk Orang Asli Papua," ucap Romanus.

Tak lupa disampaikan terimakasih kepada perintis serta para pihak yang sudah mendukung hingga boleh mendapatkan hadiah terindah dari Tuhan dengan terbentuknya DOB PPS yang sudah disahkan oleh negara.(Get)