Berita Utama

Bangga Punya Guru OAP, Romanus Mbaraka Sampaikan Penekanan Ini

Merauke - Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengaku bangga punya guru-guru orang asli Papua (OAP) yang berjuang untuk menyiapkan dasar pendidikan bagi generasi muda di Papua. 

Ungkapan ini disampaikan saat menghadiri Pelatihan Manajemen Para Kepala Sekolah dan Guru (OAP) Kampung Lokal yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Merauke, Selasa (12/7/2022) di Halogen Hotel setempat.

Guru OAP diminta tetap optimis dengan terus belajar untuk meningkatkan kompetensi, semangat kerja dan menjalankan tugas dengan baik untuk menghasilkan generasi yang baik di dunia pendidikan.

"Kalau kita tidak melaksanakan tugas dengan baik, jangan pernah mengharapkan hasil yang baik. Siapa yang bercucuran keringat akan menuai hasil. Untuk itu proses harus dijalani, karena hidup tidak selamanya mudah tapi harus dijalani dan kita akan belajar dari kegagalan dan kesuksesan," ujar Romanus.

Bupati Merauke membuka kegiatan pelatihan manajemen para kepala sekolah dan guru OAP kampung lokal.

Sebagai pimpinana daerah, Romanus Mbaraka juga memberikan motivasi akan kegagalan maupun keberhasilan dirinya hingga dua periode jadi bupati. Semua proses dialui dengan sabar untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dan diawali dengan ketekunan dan setia dalam melaksanakan tugas.

Secara umum dikatakan, banyak anak-anak OAP tidak berhasil karena tidak kuatnya pendidikan dasar. Bahkan tidak sedikit anak guru, pejabat OAP sendiri tidak menunjukan kemajuan yang signifikan. Sehingga Bupati Merauke tekankan yang memiliki profasi guru harus terlebih dahulu cerdaskan anak-anaknya sendiri.

"Jangan kita hebat diri sendiri, tapi anak-anak juga harus jadi, berani mencerdaskan anak lain anak sendiri juga harus lebih diutamakan," imbuhnya.

Berikut, OAP tidak boleh merasa kecil dan harus bangga sebagai orang asli Papua karena Tuhan menciptakan semua akal budi sama tinggal bagaimana masing-masing berusaha mengembangkan diri. Memenets hidup tergantung dari niat bukan dari kesulitan yang ditakuti. 

"Manajemen pendidikan harus bagus, mengingat perkembangan terus berjalan, saya harap dengan pelatihan ini guru dan kepala sekolah mendapat ilmu pengelolaan manajemen dengan baik."

Kesempatan yang sama Bupati Merauke siap kerjasama dengan UNMUS untuk memudahkan para guru OAP kuliah S1.

Diharapkan kesempatan ini dapat dimanfaatkan para guru TK, SD dan SMP dengan lebih semangat belajar untuk mengumpulkan ilmu guna mendukung pelaksanaan tugas. "Bapak ibu juga bagian dari kemajuan daerah."(Get)