Berita Utama

Loka POM Merauke Semakin Perluas KIE Keamanan Produk Kosmetik dan Makanan

Merauke - Semarak Kemerdekaan Indonesia, Lokasi POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Merauke gelar senam sehat. Sekaligus Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang produk kosmetik dan makanan yang aman kepada masyarakat. 

Bahasa yang digunakan mengangkat atau memakai kearifan lokal yakni cara penyampaian edukasi dengan dialek lokal Papua. Edukasi yang sama juga dibuat dalam bentuk benner yang ditempatkan di sarana umum untuk lebih perluas informasi penting tersebut. 

Kepala Loka POM Merauke, Agustince Werimop mengajak masyarakat untuk lebih memastikan informasi yang benar melalui BPOM bukan katanya atau kata orang yang belum tentu kepastiannya. 

"Pastikan kata BPOM jangan dengar informasi yang lain. BPOM merupakan lembaga yang diberi kewenangan dan tanggungjawab untuk memberikan informasi terkait obat dan makanan. Informasi yang kami sampaikan berbasis data dan teknologi sesuai hasil penelitian, dan pengawasan," ujar Agustince, Jumat (19/8/2022) di Lapangan Mandala Merauke.

Masyarakat sebagai konsumen diharapkan secara mandiri dapat membentengi diri sendiri terhadap produk-produk yang tidak memenuhi kebutuhan. Caranya harus cek BPOM untuk memastikan ada izin edar dan keamanan dari produk yang hendak digunakan. 

"Minimal mereka bisa membentengi diri sendiri dari produk yang tidak memenuhi ketentuan. Dan kalau mereka mendapat atau menemukan produk yang tidak memenuhi ketentuan bisa melaporkan kepada BPOM melalui Loka POM Merauke, supaya bisa kami bina pelaku distribusinya," tandasnya.(Get)