Berita Utama

Pejabat Gubernur Papua dan Papua Selatan Dilantik Mendagri Tito Karnavian

Merauke - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H Muhammad Tito Karnavian lantik Penjabat Gubernur Provinsi Papua dan Papua Selatan, Senin (5/8/2024) di Sasana Bhakti Praja Kemendagri. 

Komjen (Purn) Rudy Sufahriadi dilantik menjadi Pj Gubernur Papua Selatan yang baru menggantikan pejabat lama Apolo Safanpo. Sementara untuk Penjabat Gubernur Papua, Mendagri lantik Mayjen TNI (Purn) Ramses Limbong. Pelantikan ini didasari alasan yang sah, salah satunya usulan pengunduran diri penjabat untuk mengikuti kontestasi politik pada Pilkada serentak 2024.

"Pergantian ini dilakukan karena di Papua Selatan Bapak Apolo Safanpo yang menjadi pejabat Gubernur ingin ikut dalam kontestasi Pilkada untuk Papua Selatan,” tutur Mendagri Tito Karnavian. 

Sementara pergantian Pj Gubernur Provinsi Papua dilakukan dengan alasan Muhammad Ridwan Rumasukun akan memasuki masa pensiun. 

"Bapak Ridwan Rumasukun akan mengakhiri jabatan struktural sebagai Sekda Papua pada 1 November kalau dilaksanakan pada bulan tersebut nanti kasihan pejabat penggantinya karena di bulan yang sama akan ada kontestasi besar,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito juga ungkapkan selamat pada kedua Pj Gubernur yang dilantik dan juga menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama yang sudah menunjukkan dedikasi yang baik dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan selama menjabat.(Get)