Berita Utama

Pimpinan PT. Indo Traktors Papua Tanggapi Investasi Besar Food Estate di Papua Selatan

Merauke - Pimpinan PT. Indo Traktors Papua, Didik Tri Yuwono menanggapi maraknya investasi di wilayah Papaua Selatan, khususnya di bidang Food Estate 2024.

Dikatakan, sebagai pimpinan perusahaan di bidang kontraktor dan forestry wilayah Papaua Selatan dirinya menyebut sangat menyambut baik perkembangan investasi di bidang pertanian atau food estate di Merauke. Apalagi dataran Papua Selatan memang sangat cocok untuk invstasi di bidang tersebut.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu untuk diwaspadai terkait investasi yang datang terutama dampak lingkungan yang akan timbul setelah project ini berjalan. Saat ini hampir semua project investasi sedang melakukan pembukaan lahan besar besaran sehingga diharapkan dinas terkait lebih cermat dalam menyikapi dampak yang akan terjadi ke depannya. 

"Peran dinas terkait sangat besar untuk menyikapi dampak yang akan terjadi ke depan," ujarnya, Kamis (15/8/2024) di Merauke.

Selain itu, dengan melibatkan kontraktor lokal dalam proyek-proyek ini adalah langkah yang sangat strategis dan bermanfaat. Selain memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, hal ini juga membantu memastikan bahwa proyek-proyek tersebut dapat berjalan lancar dan efisien.

Pengusahan muda asal Papaua Selatan ini juga berharap para investor mengandeng dan memperhatikan kearifan lokal baik masyarakat adat maupun mengikutsertakan kontraktor lokal dalam pembangunan project yang ada. Sebab, kontraktor lokal memiliki pemahaman yang mendalam tentang kondisi setempat, serta jaringan dan sumber daya yang dapat mempercepat proses konstruksi dan operasional. 

"Mereka juga berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan pengembangan keterampilan di komunitas lokal, yang pada gilirannya mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif," sambubgnya.

"Kami berharap bahwa kearifan lokal ini dapat terus diperkuat dan menjadi model bagi investasi-investasi lainnya. Dengan sinergi antara pihak-pihak terkait, kita dapat memastikan bahwa proyek-proyek pertanian di Merauke tidak hanya sukses dalam pencapaian tujuan mereka, tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat," tutup Didik.(Get)