Berita Utama

Roadshow AJP 2024, Pertamina Gelar Media Brief Bersama Jurnalis Media Papua Maluku

Merauke - Sebagai bagian dari Roadshow Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2024, Pertamina menggelar Media Briefing kepada Jurnalis Media Nasional maupun Jurnalis Media Teritorial Papua Maluku yang diikuti jurnalis secara langsung dan via zoom.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Aston Sorong secara hybrid pada Jumat (13/9) dengan menghadirkan narasumber dari PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP, PT Pertamina Kilang Internasional Refinery Unit VII Kasim, PT Perusahaan Gas Negara, Rumah Sakit Pertamina Sorong dan PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku.

Pada AJP 2024 kali ini, Pertamina mengusung tema “Energizing Your Acceleration” sebagai bentuk komitmen Pertamina menegaskan peran strategis perusahaan dalam mendukung ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi nasional.

Dalam sambutannya, Bagja Mahendra selaku Media Communications PT Pertamina (Persero) memberikan semangat kepada para jurnalis media wilayah Papua Maluku dalam mengikuti AJP 2024.

"Selama diselenggarakan AJP ini, tidak ada sejarahnya teritori Papua Maluku tidak masuk nominasi, pasti ada saja dari teritori disini yang masuk dan menjadi juara, jadi untuk rekan-rekan jurnalis media Papua Maluku tetap semangat dalam mengikuti lomba AJP 2024," ujarnya.

Media Brief Bersama Jurnalis Media Papua Maluku. 

Lanjutnya, Bagja berharap peserta Jurnalis Media Papua Maluku bisa mendapatkan Juara Best of The Best AJP 2024.

"Saya tahu jagoannya disini yaitu pada segmen radio, saya harap bisa dijaga konsistensinya, karena untuk segmen radio kualitas disini diatas teritori lain, harapan saya Best Of The Best bisa lahir dari teritori Papua Maluku," harapnya.

Di acara yang sama, Edi Mangun selaku Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku mengatakan AJP 2024 terbuka untuk seluruh insan pers di seluruh Indonesia termasuk Papua Maluku, baik media nasional maupun media lokal.

“Dengan diadakannya Media Briefing ini kami mengajak rekan-rekan media di wilayah Papua Maluku untuk berpartisipasi dalam AJP 2024 dengan menampilkan karya-karya terbaiknya sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Dalam gelaran AJP yang ke-21 ini, Pertamina menawarkan 8 kategori untuk topik yaitu karya Bisnis dan Non Bisnis yang meliputi Kategori Media Cetak, Media Online, Media Radio, Media Televisi, Essay Foto dan Publikasi CSR/UMKM Pertamina. 

“Kepada seluruh jurnalis Papua Maluku tentu diperbolehkan mengirimkan karya sebanyak-banyaknya. Dan untuk karya yang didaftarkan dalam AJP 2024 merupakan berita positif dan sudah pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa pada rentang waktu 6 November 2023 hingga dengan 31 Oktober 2024,” imbuhnya.

Lebih lanjut, terkait proses seleksi nantinya seluruh karya AJP 2024 akan diseleksi secara berjenjang mulai tingkat teritori, hingga tingkat nasional untuk memperebutkan Best of The Best.

“Seleksinya sangat ketat, ada tingkatannya, karena dari Pertamina menyediakan beragam hadiah menarik berupa uang tunai, piala hingga training jurnalistik ke luar negeri,” tandasnya.

AJP 2024 merupakan bagian dari apresiasi Pertamina kepada seluruh insan pers yang selama ini menjadi mitra strategis dalam mendukung visi Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia.

Melalui Media Briefing AJP 2024 Teritorial Papua Maluku, rekan-rekan jurnalis media mendapatkan update terbaru terkait kegiatan dan kiprah Pertamina Group di wilayah Papua Maluku. Pendaftaran AJP 2024 dibuka hingga 31 Oktober 2024 pukul 23.59 WIB.

Untuk informasi syarat, ketentuan dan formulir pendaftaran AJP 2024 bisa diakses melalui link https://www.pertamina.com/id/anugerah-jurnalistik-pertamina-2024.