Berita Utama

Puluhan Pelaku Usaha Merauke Ikuti Pelatihan Business Model Canvas/BMC dari Disperindagkop

Merauke - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Merauke menyelenggarakan pelatihan business model canvas/BMC untuk 42 pelaku usaha dari Distrik Merauke, Kabupaten Merauke. 

Tujuan kegiatan adalah:

1. Memperkuat semangat dan nilai-nilai karakter pelaku usaha dalam membangun bisnis. 

2. Peningkatan sumber daya pelaku usaha dengan pembekalan tentang manajemen keuangan usaha meliputi pembukaan, latihan penyusunan laporan usaha dan penyusunan harga pokok penjualan /harga pokok usaha. 3. Strategi marketing dan cara dalam promosi penjualan.

4. Peningkatan kerangka pikir usaha dengan memberikan teknik merancang strategi bisnis melalui segmen pelanggan, hubungan dengan pelanggan, sumber daya, proporsi nilai produk yang dimiliki.

Sasaran kegiatan adalah pelaku usaha mikro yang sudah memiliki NIB dan diharapkan setelah mengikuti kegiatan peserta dapat menumbuhkan semangat berwirausaha dan memahami produk yang dimiliki, sasaran penjualan produk dan segmen pasar yang dituju. 

"Materi kegiatan berupa dasar -dasar membangun bisnis, buku administrasi dalam bisnis, design thinking, Strategi marketing, menghitung harga pokok usaha, laporan keuangan UMKM, business model canvas dan manajemen keuangan UMKM," ucap Kepala Bidang UKM, Pompea Habsari. 

Bisnis model canvas merupakan kerangka manajemen yang dibuat untuk merancang strategi bisnis yang akan dijalankan dengan 9 blok model bisnis.

"Kami memberikan konsep kepada pelaku usaha salah satunya bagaimana merancang kegiatan usahanya supaya semakin terstruktur. Mengapa ini dilakukan karena dari sekian banyak pelaku usaha yang ada di Merauke ada yang hanya berjalan di tempat saja, ada yang bisa menaikkan produknya dan juga yang bubar, sehingga butuh dorongan dan evaluasi terhadap apa permasalahan. Ternyata pelaku usaha belum memahami betul bagaimana peningkatan produksi dan pemasarannya," terang Kepala Seksi Penguatan Kelembagaan, Waluyo, Jumat, (27/9/2024) di Halogen Merauke. 

Dan dalam BMC ini, peserta diberikan materi tentang dasar-dasar manajemen keuangan untuk UMKM. Ada empat manajemen bisnis yakni manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen administrasi.

"Sehingga dengan pelatihan ini peserta mampu mengelola keuangan dari hasil usahanya agar keberlanjutan usaha tetap terjamin," sambungnya. Pihaknya menghadirkan Trainer Kewirausahaan dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Musamus Merauke, Yulita Sirken, S.TP. Kegiatan Berlangsung selama tiga hari mulai 25-27 September 2024 menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus Non Fisik Disperindagkop dan UKM Kabupaten Merauke TA 2024.(Get)