Berita Utama

Dinas PU Merauke Siapkan Persyaratan Hibah Air Minum Daerah Perdesaan

Merauke - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Merauke tengah mempersiapkan persyaratan program hibah air minum daerah perdesaan dari Kementrian PUPR di wilayah Merauke.

Hibah yang diberikan adalah pembuatan sambungan rumah air bersih untuk 500 penerima bagi masyarakat perdesaan di Distrik Tanah Miring, Jagebob dan daerah Bupul (lokasi bisa bergeser dilihat dari kelengkapan persyaratan).

"Kita masih cari penerimanya karena harus sesuai dengan persyaratan yang diminta," terang Kabid Cipta Karya, Yunus Anis, Rabu (8/3/2023).

Yang mendapat bantuan adalah rumah yang belum mendapat aliran air bersih, tetapi ada sumber air terdekat entah sumur atau sumber air bersih lainnya yang punya kemampuan untuk dialiri ke rumah-rumah penerima. Bagi calon penerima harus punya KTP, dan KK, kemudian semua data dikirim ke pusat lalu akan diverifikasi oleh konsultan dari pusat. Dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh BPKP disertai rekomendasi pekerjaan dapat dilakukan atau belum.

Pemda Merauke membantu 1 miliar untuk hibah air minum perdesaan ini yang digunakan untuk sambungan jalan, namun menurut perhitungan pengadaan pipa sangat besar bahkan lebih dari 1 miliar. Sementara target bantuan 500 penerima, dimungkinkan tidak tercapai sebab jarak antara rumah masyarakat lokal di kampung cukup jauh dan membutuhkan banyak sambungan pipa menuju rumah-rumah tersebut.

"Harapan kita kalau bisa pemerintah pusat bantunya tuntas bukan hanya sambungan rumah tapi pipa juga karena jarak rumah warga kampung lokal ini jauh-jauh. Kita di daerah ini kemampuan dana tidak cukup," imbuhnya.(Get)