Berita Utama

KKP Merauke Segera Lakukan Investigasi Terhadap Wabah dari PNG

Merauke - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merauke, Papua Selatan akan melalukan investigasi terhadap informasi penyakit cacar monyet yang dikabarkan menyerang warga negara PNG. 

Berdasarkan informasi dari penduduk Kabupaten Boven Digoel, bahwa di wilayah Boven beberapa warga mulai terserang penyakit kulit seperti cacar monyet yang sulit disembuhkan dan diduga penyakit itu berasal dari PNG. 

"Kami segera melakukan investigasi terkait informasi ini dan kami akan tingkatkan kesiagaan di daerah perbatasan di Sota. Namun yang dikhawatirkan jika warga negara PNG masuk ke Indonesia melalui jalan tikus yang tidak terpantau petugas. Dan sejauh ini, setiap warga yang diperiksa masih pada keluhan ringan seperti batuk, atau panas belum ada wabah tersebut," pungkas Kepala KKP Merauke, Syarif, SH, M.Si, Rabu (6/9/2023) di Merauke. 

Selain itu, KKP sendiri belum ada alarm dari Kementerian Kesehatan jika ada potensi wabah dari negara tetangga. Namun, informasi tidak harus menunggu dari tingkat atas, kalau ada informasi wabah dari masyarakat maka KKP tetap siap 24 jam tanpa menunggu komando dari atas. 

"Sesuai tupoksi kami KKP yaitu mencegah masuk keluarnya penyakit karantina dan penyakit potensial wabah melalui suatu tindakan. Petugas kami ada di perbatasan negara yang tugasnya melakukan pemeriksaan suhu, fisik dan wawancara kesehatan kepada setiap penduduk maupun orang asing yang masuk di wilayah Indonesia. Sejauh ini belum ditemukan wabah yang membahayakan seperti cacar monyet, kalaupun ditemukan akan dilakukan tindakan khusus," tutur Syarif.(Get)