Berita Utama

Tiga Unsur CIQ Merauke Perdana Lakukan Patroli Gabungan

Merauke - Tiga unsur CIQ (Customs, Immigration, and Quarantine) di Kabupaten Merauke melakukan patroli gabungan darat selama tiga hari di jalur lintas batas negara. 

Patroli gabungan ini merupakan kegiatan perdana yang digagas Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Merauke, Hari Chandra dalam rangka penegakan kewenangan dan UU dari tiga instansi terkait itu. 

Sasaran yang didatangi adalah di Kumbe, PLBN Sota dan pantai Payum guna menunjukkan eksistensi CIQ di Merauke, yaitu pengawasan peredaran barang terlarang yang dibawa masuk ke wilayah Indonesia di daerah lintas batas. 

"Patroli gabungan kemarin kita laksanakan tiga hari dalam rangka sinergis bersama mengingat daerah selatan ini sudah berkembang menjadi provinsi, karena itu kami merasa kalau kami jalan sendiri kami kurang kuat. Tetapi dengan sinergitas CIQ ini menjadi kekuatan yang bisa memberikan kemudahan dalam pelaksanaan tugas," ujar Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai, Selasa (12/9/2023) di Merauke. 

Selain memantau langsung kondisi atau situasi di lapangan, ketiga instansi ini bisa mendapatkan informasi terbaru untuk ditindaklanjuti. Sekaligus memberikan pesan peringatan serta penyampaian konsekuensi kepada pihak yang akan bersinggungan dengan tugas dan fungsi CIQ. 

"Sepanjang mereka melintas tidak membawa barang larangan atau berbahaya, maka kami masih pada pertimbangan asas pri kemanusiaan, namun aturan negara harus berlaku di Pos Lintas Batas Negara (PLBN)," ujar Hari.(Get)