Berita Utama

Belasan Anak Merauke Ikuti Pelatihan Kejuruan di BLK Sorong

Merauke - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Merauke telah mengirim 6 orang calon instruktur dan 6 calon asisten instruktur ke Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong, Papua Barat. 

Belasan orang ini mengikuti pelatihan untuk kejuruan Las, Menjahit, Kecantikan, Processing, Mekanisasi Pertanian, Otomotif dan Transmigrasi. Mereka telah dikirim sejak Januari sampai Agustus 2023.

"Selanjutnya, jika ada permintaan kuota lagi dari BLK Sorong maupun BLK lain di Indonesia maka kami akan menyiapkan sesuai kebutuhan di kabupaten," terang Kadisnakertrans, Cleopas Ndiken, Selasa (12/9/2023).

Dikatakan, lama waktu pelatihan bervariasi mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 7 bulan hingga satu tahun, menggunakan dana APBN, APBD Kabupaten Merauke dan dana alokasi BLK Sorong. Dengan pelatihan ini, pengetahuan dan kemampuan peserta semakin meningkat dan diharapkan usai mengikuti pelatihan mereka mampu mengaplikasikan secara mandiri. 

Berdasarkan hasil monitoring kepada peserta yang sudah ikuti pelatihan tahun-tahun sebelumnya, masih ditemukan beberapa yang belum berkembang terkendala fasilitas, peralatan dan modal. Disnaker sendiri hanya bersifat memfasilitasi untuk ikut pelatihan tidak menyiapkan modal dan peralatan. Meski demikian Dinas Ketenagakerjaan tetap berkomunikasi dengan instansi terkait guna memberikan bantuan kebutuhan yang diperlukan. 

"Kami coba komunikasikan dengan dinas terkait untuk bisa kolaborasi bantu peralatan kepada mereka yang sudah dilatih," tandas Cleopas.(Get)