Berita Utama

Layanan Transportasi Udara di Papua Selatan Terus Ditingkatkan

Merauke - Sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) Pemerintah Provinsi Papua Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi baik darat, laut dan udara. 

Pemerintah setempat telah melakukan koordinasi dengan pihak Otban Wilayah X, Bandara Mopah Merauke dan Kementrian Perhubungan serta pihak maskapai untuk menambah flight ke Bandara Mopah Merauke. 

"Rencana Desember tahun ini, informasi yang kami dapat dari Batik Air akan masuk dengan rute Jakarta-Makassar-Merauke," terang Kepala Dinas Perhubungan PPS, Nelson Sasarari, Rabu (11/9/2023) di Merauke. 

Foto bresma rombongan Pj Gubernur Papua Selatan di Bandara Kepi Kabupaten Mappi, saat flight test pesawat Trigana Air jenis ATR. (Foto-Ist).

Lanjut kata Nelson, ada dua kemungkinan pelayanan yang dilakukan Batik. Kalau menambahkan pesawat, maka dalam satu minggu akan layani penerbangan sebanyak tiga kali. Sebaliknya, kalau masuknya Batik hanya mengganti rute Lion Air, kemungkinan akan melayani penerbangan setiap hari untuk mengganti rute Lion Air dari Jakarta-Makassar-Merauke dan sebaliknya. 

Sementara untuk penerbangan antar kabupaten di Papua Selatan, pesawat Trigana Air jenis ATR sudah disiapkan untuk melayani penerbangan di tiga kabupaten yakni Mappi, Asmat dan Boven Digoel. Begitu pula dengan pesawat perintis ke distrik-distrik dan daerah pedalaman.(Get)