Berita Utama

Pemprov Papua Selatan Gelar Rakortekrenbangda

Merauke - Pemerintah Provinsi Papua Selatan melalui Pj Gubernur Apolo Safanpo membuka rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan daerah (Rakortekrenbangda) Provinsi Papua Selatan tahun 2024.

Melalui Rakortekrenbangda Papua Selatan diharapkan dapat selaraskan perencanaan pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, dalam upaya mewujudkan Indonesia sejahtera dan berkelanjutan.

Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo mengatakan rakor merupakan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan baik pemerintah pusat maupun daerah. Sinkronisasi ini penting dilakukan untuk lebih mengoptimalkan pembangunan di empat wilayah yang menjadi cakupan wilayah Papua selatan. Perlu ada perencanaan dan strategi khusus yang diharapkan menjangkau semua aspek.

Pembukaan Rakor Pemprov Papua Selatan.

"Sebelumnya sudah dilakukan Musrenbang secara berjenjang dari kampung, distrik, kabupaten dan provinsi. Selanjutnya dipilah apa saja yang mesti diprioritaskan. Mari kita samakan persepsi, apa yang sudah dikerjakan dan yang akan dikerjakan ke depan dengan tujuan mendekatkan masyarakat pada kesejahteraan.

Kalau kita mampu mendeteksi potensi daerah dengan benar maka orang Papua bisa berkembang dan sejahtera," ucap Apolo di Halogen Merauke, Senin (18/3/2024). 

Rakor dihadiri empat daerah cakupan Papua Selatan yakni Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Kabupaten Asmat. Di akhir arahan Pj Gubernur Apolo Safanpo mengatakan bahwa sesungguhnya orang asli Papua tidak susah karena mereka memiliki kekayaan alam atau sumber daya alam yang sangat melimpah. Namun, masyarakat butuh strategi tepat dari pemerintah untuk bisa memanfaatkan SDA yang ada demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.(Get)