Musrenbang 2019 Di Merauke Bahas Beberapa Isu Utama

Berita » Detail

Berita Utama
06 Mar 2019 21:25
Musrenbang 2019 Di Merauke Bahas Beberapa Isu Utama
Musyawarah perencanaan pembangunan daerah (Musrenbang) RKPD Tahun Anggran 2019 tingkat Distrik Merauke, Kabupaten Merauke diselenggarakan di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Rabu (06/03).
 
Kepala Distrik Merauke, Kristian Ndiken menjelaskan, Musrenbang ditujukan untuk peningkatan penyelenggara dan partisipasi pembanguan di Merauke. Dengan tema 'PENINGKATAN SDM MENDUKUNG PEMBANGUNAN PERTANIAN, PERIKANAN, DAN PARIWISATA MENUJU PERTUMBUHAN YANG BERKUALITAS'
 
"Isu utama dalam pembahasan adalah tentang lokasi pantai wisata lampu satu yang belum tertata dengan baik. Terutama saat ini menjadi lokasi pembuatan kapal nelayan," ucapnya dalam laporan panitia.
 
Isu kedua, bahwa pertanian distrik Merauke, Lurah Rimba Jaya berjalan cukup baik untuk lebih ditingkatkan. Perlunya kerjasama yang baik dalam bidang perikanan pada program 2019 dan masalah kebersihan lingkungan hidup menjadi serius di wilayah kota. 
 
"Telah ada gagasan wilayah bebas sampah, mengusulkan untuk setiap hari Jumat dilaksanakan aksi keroyok sampah bersama," ucapnya lagi.
 
Kemudian, menyangkut anak jalanan, putus sekolah dari orang asli Papua berkeliaran di lokasi keramaian yang akan berdampak pada tumbuh kembangnya mereka. Total keseluruhan usulan dari 11 kelurahan dan lima kampung untuk 2019 sebanyak 450 usulan.
 
Wakil Bupati Merauke Sularso menekankan Musrenbang lebih perhatikan pada sektor unggulan agar dapat digarap dan dikembangkan dengan baik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di kabupaten Merauke.
 
"Hal utama, berupa evaluasi indikator capaian kinerja semua SKPD tahun sebelumnya. Kami harap implementasi program Bangsaku memberi peningkatan pembangunan di Merauke," tutur Wabup. 
 
Wakil Bupati Sularso mengatakan tema di atas, menyangkut SDM sangat penting untuk mencapai pembangunan manusia seutuhnya agar masyarakat Merauke lebih mandiri. Sedangkan pembangunan pertanian, perikanan dan pariwisata adalah visi Kabupaten Merauke tahun 2019-2021 lebih ditingkatkan pertumbuhan dan kualitasnya.
 
"Harapan kami semua program kegiatan akan tercapai dan bahkan melampaui target terutama sektor unggulan potensi daerah," kata Wabup Sularso.
 
Ia menyebutkan, masih ditemui permasalahan masyarakat terutama warga miskin, mencapai 10,80 persen. Target 2021 diharapkan angka kemiskinan bisa menurun hingga 6 persen.(geet)
 
 
 

Penulis

Trio Yus

PNS DINAS KOMINFO

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda